Belajar Diet Sehat dari Buku Conscious Diet


Membuka lembar demi lembar buku Conscious Diet #KenaliTubuhmuSebelumDiet! ini benar-benar menyadarkan saya tentang diet yang sebenarnya. Saya ikut terhanyut menyimak banyak informasi menarik yang disuguhkan di sini dengan sangat lengkap, kita diajak menyelami pengetahuan dasar tentang kesehatan dan bagaimana diet yang sehat itu sebaiknya dilakukan.

Jadi, dalam upaya menjaga kesehatan dan mencapai berat badan yang ideal, diet seringkali dianggap sebagai tren yang hanya relevan bagi kita yang memiliki masalah kelebihan berat badan saja. Namun, sebenarnya diet merupakan konsep yang lebih luas dan mendalam, tidak hanya sekadar penurunan berat badan.

Tak sedikit dari kita yang melakukan diet hanya karena mengikuti tren yang ada. Padahal untuk melakukan diet tidak boleh sembarangan, karena tidak semua metode diet cocok dilakukan oleh semua orang, sebab pada dasarnya setiap manusia memiliki keunikan masing-masing yang ditentukan oleh banyak faktor.

Makanya, ketika membaca buku Conscious Diet ini, saya jadi semakin tercerahkan, bahwa sebenarnya diet itu seharusnya dipahami sebagai upaya menjaga pola makan yang ditujukan untuk mencapai kesehatan secara optimal. Makanya, diet ini seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup kita sehari-hari.

Sebab pada dasarnya, diet tidak hanya berkaitan dengan penurunan berat badan, tetapi juga dengan menjaga keseimbangan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu, diet seharusnya tidak hanya difokuskan pada aspek nutrisi makanan saja, tetapi juga harus melibatkan perubahan tingkah laku dan pola hidup yang sehat juga.
“Apa pun diet yang Anda jalani, Anda harus memperhatikan tiga aspek, yaitu Holistik, Alami, dan Konsisten.” Buku Conscious Diet #KenaliTubuhmuSebelumDiet! Halaman 12.
Dengan menjadikan diet sebagai gaya hidup, kita dapat mencapai tujuan kesehatan jangka panjang yang berkelanjutan. Untuk itulah, kita harus menemukan cara menjaga berat badan yang benar-benar tepat dan jangan asal-asalan. Salah menerapkan metode diet kita tidak akan mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Makanya, sebelum kita memulai program diet, sebaiknya kita semua harus mengenal tubuh kita sendiri dengan baik. Dan buku Conscious Diet ini cocok banget untuk membantu kita yang ingin memulai diet dengan mengenal tubuh kita terlebih dahulu.

Dalam buku ini, dr. Yovi menjelaskan tentang pentingnya mengenali tubuh sebelum memulai proses diet dengan mengetahui tipe tubuh seseorang, seperti tipe tiroid, adrenal, liver dan ovary, sehingga nantinya dapat membantu dalam menyesuaikan pola makan dan gaya hidup yang tepat.
“Inti dari mengenali tipe tubuh dan menentukan tipe olahraga dan makanan yang tepat adalah memperbaiki tubuh secara keseluruhan, bukan hanya semata makan untuk menurunkan berat badan.” Buku Conscious Diet #KenaliTubuhmuSebelumDiet! Halaman 83.
Selain itu, dalam buku ini juga membahas secara mendalam mengenai berbagai topik penting di balik seluk beluk diet yang kerap kali susah dijalanin. Misalnya, terdapat faktor emosi, cheating, hormon stres, hingga hormon insulin yang seluruhnya berpengaruh terhadap proses yang dijalankan.

Makanya, di dalam buku Conscious Diet ini juga dibahas bahwa ada hubungan antara hormon stress dan diet. Ternyata stres dapat mempengaruhi kadar hormon kortisol dan insulin dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi metabolisme dan keinginan makan seseorang.

Jadi, ketika kita mengalami stres, tubuh kita akan mengeluarkan hormon kortisol sebagai respons pertahanan. Namun, jika kadar kortisol terlalu tinggi akibat stres kronis, hal ini dapat menghambat proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga olahraga yang keras dan pola makan yang ketat bisa jadi sia-sia jika level kortisol tidak diperbaiki.

Dan kesuksesan kita untuk melakukan diet juga dipengaruhi oleh kesadaran kita akan tubuh dan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Makanya, penting bagi kita untuk memahami faktor dan tujuan diet dengan jelas, agar kita dapat membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan asupan dan nutrisi yang dikonsumsi, pola tidur yang tepat, dan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Ternyata ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan, apa termasuk hormon juga? Baca selengkapnya buku ini

Dengan membaca buku Conscious Diet ini akan membuat wawasan kita semakin luas, karena buku ini bukan hanya membahas sekadar panduan diet, tetapi juga merupakan ajakan untuk menjalani gaya hidup sehat secara menyeluruh. Dengan memperhatikan aspek-aspek penting seperti nutrisi, pola tidur, manajemen stres, dan jenis olahraga, sehingga kita dapat mencapai kesehatan yang optimal dan berkelanjutan.

Makanya, buku Conscious Diet #KenaliTubuhmuSebelumDiet! ini cocok banget untuk dibaca oleh orang-orang yang ingin memulai program diet yang sehat dan efektif. Sebab, buku ini memberikan informasi yang mudah dipahami dengan berbagai tips yang praktis untuk membantu kita mencapai diet yang sukses.

Nah, diantaranya ada tips tentang bagaimana membangun kebiasaan makan yang sehat, yaitu dengan selalu makan teratur, memperhatikan porsi makan, dan memilih makanan yang bergizi. Selain itu, kita juga penting untuk mengelola stress karena dapat mempengaruhi pola makan dan berat badan.

Bahkan dalam buku ini kita juga diingatkan untuk selalu melakukan aktivitas fisik, karena hal itu penting untuk menjaga kesehatan dan membantu menurunkan berat badan. Secara keseluruhan, olahraga dapat memperbaiki fungsi mitokondria yang dapat membantu kita lebih efisien membakar lemak dan menghasilkan energi.

Buku ini layak dibaca bila kita yang benar ingin melakukan diet dengan benar

Sungguh buku ini benar-benar menarik. Untuk itu, buat teman-teman yang ingin diet saya sarankan untuk membaca buku ini terlebih dulu, supaya kalian tidak salah dalam melakukan diet. Dan untuk mendapatkan buku ini, teman-teman bisa membelinya secara online melalui Tokopedia ya.

Judul: Consious Diet #KenaliTubuhmuSebelumDiet!
Penulis: dr. Yovi Yoanita (Praktis nutrisi, Wellness & Anti Aging)
Jumlah Halaman: 112
Produksi: Elex Media Komputindo
Harga: Rp65.000


1 comment:

  1. Diet memang ga bisa asal2an . Krn tubuh stiap orang beda. Ada bagusnya kalo mah konsultasi dulu ke ahlinya. Supaya tahu sistem tubuh kita seperti apa.

    Sama aja kayak olahraga. Ada orang yg ga mungkin utk olahraga beban , dan disarankan berenang atau yoga.

    Jd ga semua cocok dengan jenis diet dan olahraga yg ada.

    Penasaran juga baca bukunya 😊. Aku sendiri olahraga dan diet juga butuh waktu dulu utk bisa nemuin sistem yg cocok

    ReplyDelete