Teman-teman ada yang suka belanja nggak nih? Saya yakin pasti
banyak yang doyan belanja. Untuk itu, pada postingan kali ini, saya akan membagikan
informasi menarik tentang festival belanja yang sekarang sedang berlangsung
dengan sangat meriah di Jakarta.
Jadi saat ini sudah digelar sebuah festival belanja yang diberi nama
Pasar idEA, yaitu sebuah festival
belanja online to offline pertama dan
terbesar di Indonesia yang menghadirkan langsung berbagai pelaku industri e-commerce yang selama ini jualan online menjadi offline secara bersersamaan di bawah satu atap.
Dimana Pasar idEA ini terselenggara atas kerja sama antara Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dengan PT. Traya Eksibisi Internasional (Traya Indonesia) yang hanya berlangsung pada 15-18 Agustus 2019 di Hall A & B, Jakarta Convention Center – Jakarta dengan jam buka mulai 10.00 - 21.00 WIB.
Dimana Pasar idEA ini terselenggara atas kerja sama antara Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dengan PT. Traya Eksibisi Internasional (Traya Indonesia) yang hanya berlangsung pada 15-18 Agustus 2019 di Hall A & B, Jakarta Convention Center – Jakarta dengan jam buka mulai 10.00 - 21.00 WIB.
Dan acara ini sudah resmi dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika
Bapak Rudiantara pada tanggal 15 kemarin. Dan kehadiran Pasar idEA ini menjadi momentum bagi para pelaku industri e-commerce untuk bertemu dan menampilkan produk dan top seller dari masing-masing platform, sehingga dapat memupuk kepercayaan konsumen untuk terus berbelanja online dengan aman, dan sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan pengalaman berbelanja di berbagai e-commerce secara langsung dalam satu atap.
Bahkan kehadiran Pasar idEA ini sekaligus diharapkan untuk
membantu pertumbuhan industri Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) agar bisa
mendorong laju sektor ekonomi digital, dan juga bisa memberi dampak positif
dalam mengantisipasi isu serbuan produk asing di industri e-commerce saat ini.
Selain itu, kehadiran festival ini juga diharapkan menjadi salah satu wadah
bagi UMKM untuk membuka jalan pemasarannya semakin luas, dan menunjukan keberpihakan pelaku usaha e-commerce terhadap produk lokal Indonesia, terutama UMKM yang kini terus mulai tumbuh.
Dan jika dilihat pertumbuhan UMKM di Indonesia terus mengalami
peningkatan dari tahun ke tahun. Dimana pada tahun 2014 tercatat hanya ada
sebanyak 1,56 persen masyarakat yang berprofesi sebagai pelaku usaha kecil dan
menengah. Namun, angka ini naik menjadi 3,1 persen di tahun 2017 dan mencapai 4
persen di akhir 2018.
Begitu juga di tahun 2019 ini, pemerintah menargetkan angka ini bisa
tumbuh 1 persen sehingga naik menjadi 5 persen dari total 269 juta penduduk
Indonesia merupakan pelaku UMKM, sehingga kelak UMKM bisa sukses menjadi tulang punggung dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, dan juga bisa mewujudkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terkuat di Asia Tenggara pada 2025 medatang. Mudah-mudahan. Aamiin…
Melihat begitu mulia tujuan digelarnya Pasar idEA ini, maka kita
pun sebagai masyarakat seharusnya bisa turut mendukung hal ini, agar para
pelaku usaha UMKM bisa tumbuh dengan baik dan keadaan perekonomian negara kita
juga semakin baik nantinya.
Apalagi produk-produk yang dihasilkan oleh berbagai UMKM yang
hadir di Pasar idEA ini begitu kreatif dan menarik dengan kualitas yang bagus-bagus. Dan untuk harga produknya juga masih terbilang terjangkau, terlebih banyak tenant para pelaku UMKM yang memberikan harga promo kepada para pengunjung.
Makanya kemarin saya dan teman saya sempat membeli produk-produk dari UMKM, salah sastunya dari UMKM Ethnic Vibes yang menjual aneka kain tenun dan kreasi kain tenun. Kebutulan kemarin saya membeli scraft tenun khas Lombok yang kemarinlagi memberikan diskon 50% dari harga aslinya Rp60,000, sedangkan teman saya beli hoodie tenun yang juga diberi diskon dari 250 ribu menjadi 200 ribu saja.
Makanya kemarin saya dan teman saya sempat membeli produk-produk dari UMKM, salah sastunya dari UMKM Ethnic Vibes yang menjual aneka kain tenun dan kreasi kain tenun. Kebutulan kemarin saya membeli scraft tenun khas Lombok yang kemarinlagi memberikan diskon 50% dari harga aslinya Rp60,000, sedangkan teman saya beli hoodie tenun yang juga diberi diskon dari 250 ribu menjadi 200 ribu saja.
Selain itu, kami juga membeli daging rendang suir siap makan yang
merupakan hasil racikan dari RM Sederhana, dimana produk ini biasanya dijual
online di blibli, tokopedia dan shopee, namun kali ini hadir di Pasar idEA yang
memberikan penawaran harga lebih murah bila beli 2 Box hanya Rp165,000 dari
pada harga satuan Rp90,000. Lumayan bisa iritkan? :)
Selain itu kami juga masih membeli berbagai produk lain juga di berbagai tenant yang lainnya. Dan tak ketinggalan kami membeli cemilan-cemilan lain juga di sini,
karena harganya menurut saya masih terjangkau, daan lumayan buat ngemil sambil
mutar-mutar mencari berbagai barang-barang menarik lainnya yang bisa dibeli.
Untuk itu, bagi teman-teman yang belum ke Pasar idEA sebaiknya segera
meluncur ke sini, karena di sini kita bisa puas berbelanja berbagai produk dari
berbagai merchant yang ada dengan beragam pilihan barang yang mereka tawarkan.
Dan jika ditanya apa yang membuat saya begitu bersemangat
berkunjung ke sini, maka saya punya beberapa alasan yang akhirnya meringankan
langkah saya untuk datang berkunjung ke Pasar idEA ini yaitu:
1. Terdapat sekitar 250 peserta pameran yang
terlibat
Untuk mencari berbagai produk di sini tentu
menjadi tempat yang tepat, karena di sini kita bisa bertemu dan melihat
langsung berbagai produk yang ditawarkan oleh para pelaku industri e-commerce dengan
berbagai produk unggulan dari masing-masing platform yang ada.
Namun selain ada pelaku usaha e-commerce, di
sini juga ada sekitar 250 peserta pameran yang terdiri dari para unicorn, perusahaan
logistik dan pengiriman, serta UMKM dengan produk lokal yang bervariasi namun
memiliki kualitas yang istimewa.
Jadi kita mau cari produk apa saja, maka kita tinggal
mengitari deretan tenant-tenant yang sudah berjejer rapi di seantero festival ini
untuk mendapatkan berbagai produk yang kita inginkan. Asyik bukan, semua ada
dalam satu atap.
2. Tersedia beraneka macam produk
Seperti yang disinggung di atas, bahwa begitu
banyak peserta yang terlibat dalam festival ini, maka bisa dibayangkan betapa
banyak juga aneka produk yang ditawarkan oleh para peserta di acara ini.
Saya pribadi pun dibuat terpukau saking banyak
dan beragamnya barang yang dijajalkan di sini. Dimana produk yang hadir di sini mulai dari produk
fashion, kuliner, aksesoris, elektronik, perabot dan dekorasi, sayur dan buah,
serta masih banyak lagi produk lainnya yang tak kalah menarik.
3. Tersedia banyak promo special
Dan sebaiknya teman-teman pegang dompet kalian
secara erat-erat selama berada di sini, karena melihat barang-barang yang bagus
dengan berbagai penawaran diskon dan promo special bisa membuat kita khilaf
menguras isi dompet dengan begitu mudahnya.
Ya, bagaimana tidak kalap belanja, promo spesial
untuk belanja multi produk banyak ditawarkan oleh berbagai e-commerce yang ada
di sini. Misalnya, ada Tokopedia yang menebar voucher diskon 90% di merchant-merchent
tertentu.
Selain itu, ada juga Blibli.com yang mengadakan Blibli Travel Fair yang
menawarkan berbagai produk pariwisata dengan diskon hingga 80%, baik untuk
paket perjalanan domestik maupun internasional.
Begitu juga dengan Lazada yang
memberikan kemudahan bagi kita yang ingin memulai usaha sebagai seller dengan
program Daftar Jadi Seller Online Ga Sampai 1 Menit. Dan tak ketinggalan juga Shopee yang menawarkan
ragam produk Kreasi Nusantara dengan promo diskon mencapai 89%.
4. Terdapat banyak games dan lomba berhadiah seru
Selain
bisa puas berbelanja berbagai barang dengan beragam harga promo seperti yang
saya ceritakan di atas, di sini kita juga bisa membawa pulang berbagai hadiah
seru dan keren dengan mengikuti berbagai games dan lomba yang diselenggrakan
oleh berbagai tenant yang ada di sini.
Untuk
hadiahnya beragam, mulai dari balpoin, buku, tempat minum, tempat makan, boneka,
payung, makanan dan minuman gratis, voucher belanja, rice cooker, vacuum cleaner,
bahkan bisa dapat smartphone juga loh di sini.
Makanya, selain
belanja manfaatin waktunya juga untuk ikut bermain games dan ikut berbagai
lomba yang ada di sini. Kuncinya, jangan malu, cuek aja. Hehehe
5. Terdapat workshop untuk menimba ilmu
Ohh iya,
menariknya lagi, datang ke festival ini, kita bukan hanya dimanjakan dengan
aneka barang dan pesta promo saja, namun kita di sini pun bisa belajar melalui
berbagai workshop yang di hadir di festival ini.
Nah misalnya, buat
teman-teman yang mau belajar terkait bisnis kekinian di era digital agar bisa sukses
berbisnis online maka bisa juga didapatkan di sini, karena akan dikupas
langsung oleh para narasumber yang ahli di bidangnya dengan berbagai tema-tema yang menarik.
Oh iya, ada hal menariknya lagi, khusunya buat teman-teman yang senang foto-foto, di Pasar idEA ini tersedia juga beberapa spot foto yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai tempat foto-foto OOTD yang keren untuk dipajang di sosial media yang kita miliki.
jangan takut kelaparan, banyak yang jual makanan juga di sini |
Selain itu, tak perlu takut jika kelaparan selama berada di sini, karena di sini ada banyak tenant yang menjual makanan, dan tersedia juga beberapa food truck yang menyajikan aneka makanan dan minuman untuk memanjakan para pengujung yang datang di Pasar idEA ini.
Nah, itu saja segelintir alasan saya kenapa begitu bersemangat datang ke Pasar idEA ini. Dan saya berharap buat teman-teman yang belum sempat ke Pasar idEA ini, maka bisa memanfaatkan weekend ini mumpung masih ada waktu untuk datang ke sin, karena kapan lagi bisa melihat dan belanja secara offline di berbagai e-commerce yang ada.
Nah, itu saja segelintir alasan saya kenapa begitu bersemangat datang ke Pasar idEA ini. Dan saya berharap buat teman-teman yang belum sempat ke Pasar idEA ini, maka bisa memanfaatkan weekend ini mumpung masih ada waktu untuk datang ke sin, karena kapan lagi bisa melihat dan belanja secara offline di berbagai e-commerce yang ada.
Belanja asyik di Pasar idEA |
Selain itu, kehadiran kita berbelanja di Pasar idEA khususnya
untuk membeli produk UMKM maka kita bisa membantu keberlangsungan para pelaku
UMKM yang ada, sebab UMKM merupakan bagian dari pengembangan keberlanjutan yang
memberikan dampak positif, terutama bagi para UMKM yang berasal dari kalangan
menengah ke bawah.
So, Let’s Go Shopping, and Enjoy your day! :)
Wah, aku ngeborong topi dan tas etnik mas heheheh.
ReplyDelete