Sekarang semuanya semakin mudah, mau
apa saja semua bisa mengandalkan smartphone saja, termasuk urusan pesan makan
saat kita berada di sebuah restoran, kini kita tidak lagi perlu panggil-panggil
pelayan untuk melayani pemesanan kita, atau tidak perlu berdiri antri berlama-lama
di depan kasir untuk pesan makanan, sekarang semua bisa mengandalkan smartphone
saja, maka makanan dan minuman apa yang kita pesan langsung akan disediakan
oleh restoran tersebut.
Kemudahan ini ditawarkan oleh PT
Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) yang menghadirkan Meeberlite dan Meeberian
sebagai solusi di bidang food and beverage (F&B) zaman now. Dimana PT Meeber
Teknologi Indonesia (Meeber) merupakan startup local yang okus menghadirkan
solusi untuk bisnis &B di Indonesia.
Meeber sudah beridir sejak tahun
2015 dengan meluncurkan layanan manajemen restoran secara digital berbentuk
Point of Sales (POS) yang berbasis di Surabaya. Dan hingga saat ini, ternyata
Meeber POS sudah memiliki merchant di Surabaya, Jakarta dan Malaysia, dengan
yang terbesar di Surabaya. Dimana layanan Meeber POS ini hadir untuk memenuhi
kebutuhan bisnis F&B dine-in dan quick-service dalam bentuk coffee shop, food
truck, bazzar serta food stall.
Dan kini, PT Meeber Teknologi
Indonesia (Meeber) kembali menghadirkan
solusi untuk kemudahan restaurant dalam melayani konsumennya dengan
menghadirkan sebuah trobosan baru berupa aplikasi Meeberlite dan Meeberian.
Dimana keduanya ini merupakan
aplikasi berbasis mobile yang menawarkan inovasi konsep retoran digital pertama
di Indonesia sehingga tercipta Business Automation dan Customer Engagement bagi
pengusaha food and beverage. Hal ini juga ditunjang oleh aplikasi kasir online
MeeberPOS yang terintegrasi sehingga pelaku bisnis dapat memaksimalkan bisnis
food and beverage mereka.
Soft Launching Meeberlite dan Meeberian
Jadi kemarin (31/07/2018), PT
Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) melakukan soft launching aplikasi Meeberlite
dan Meeberian yang bertempat di Plaza Kuningan – Jakarta. Tampak hadir dalam
acara ini Bapak Rudy Hartawan selaku Chief Executive Officer PT Meeber
Teknologi Indonesia dan Bapak Indra Sitorus selaku Chief Marketing Oficer PT
Meeber Teknologi Indonesia.
Soft launcing aplikasi MeeberLite dan Meeberian bersama Bapak Rudy Hartawan (Kiri) dan Bapak Indra Sitorus (Kanan) |
Pada kesempatan ini, Bapak Rudi
menjelaskan bahwa dalam menjalankan bisnis F&B ini, para pelakunya kerap
kali dihadapkan berbagai situasi yang sulit terutama dalam melayani konsumen.
Melihat hal ini maka Meeber hadir untuk memberikan solusinya, berupa:
- Business Automation yang akan memudahkan pelaku bisnis F&B dalam menjaga standard pelayanan yang cepat dan akurat serta tanggap. Selain itu, control feedback dapat digunakan untuk menjadi tolak ukur kepuasan pelanggan.
- Customer engagement akan memberikan wawasan yang tepat mengenai pelanggan sehingga memudahkan penentuan strategi pemasan yang tepat sasaran melalui point reward dan push promotion.
Bapak Rudy menuturkan bahwa “Setiap
pelaku bisnis F&B tentunya mengharapkan bisnisnya semakin berkembang. Oleh
karena itu, bagi mereka yang sudah mencapai skala bisnis menengah dan menengah
atas memerlukan standardisasi dan otomatisasi dalam pengolahannya. Di zzaman
modern ini, kedua hal tersebut hanya dapat dicapai melalui digitalisasi
restoran yang mampu memenuhi kebutuhan pelaku bisnis maupun konsumen. Untuk
itulah, Meeber menciptakan terobosan berupa digitalisasi restoran yang
memberikan nilai tambah pada pelaku bisnis maupun pelanggan.”
Senada dangan itu, Bapak Indra
Sitorus juga menjelaskan bahwa digitalisasi bisnis F&B tidak akan
terealisasi tanpa adanya platform untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari
sisi merchant ataupun pelanggan.
Untuk menjawab kebutuhan yang
beragam tersebut, makanya Meeber menghadirkan aplikasi Meeberlite dan Meeberian
secara terpisah untuk memberikan nilai tambah pada layanan order, payment,
support system dan customer engagement.
Perbedaan Fungsi MeeberLite Dan Meeberian
MeeberLite merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk merchant
restoran dalam menerapkan sistem otomatisasi bisnis restoran yang terkoneksi
dengan aplikasi Meeberian dari sisi pelanggan. Jadi dengan kehadiran aplikasi
MeeberLite ini maka setiap merchant diharapkan akan semakin mudah dalam
memberikan pelayanan di restorannya yang menawarkan kemudahan untuk:
- Kemudahan untuk melayani penerimaan pesanan pelanggan
- Kemudahan pembayaran secara digital,
- Kemudahan untuk mempromosikan program diskon atau promosi untuk pelanggan
- Tersedia sistem support yang canggih sampai dengan analisa wawasan pelanggan
- Tersedia juga sistem control feedback
Jadi dengan kehadiran aplikasi ini maka pengusaha restoran
dapat memaksimalkan bisnis mereka berdasarkan customer insight yang kuat,
relevan dan tepat sasaran. Maka dengan begitu, pengusaha restoran akan bisa
menentukan strategi pemasaran yang tepat dan terukur sehingga mampu meningkatkan
profit bisnisnya.
Scan QR Code sehingga kita sebagai konsumen bisa terkoneksi dengan restoran yang dituju |
Meeberian merupakan aplikasi yang bisa memberikan kemudahan
dan kenyamanan bagi pelanggan untuk memesan makan dan minuman. Jadi bisa
dibilang bahwa Meeberian ini adalah aplikasi pinta fine-in order menggunakan teknologi
QR Code sehingga dapat terkoneksi dengan restoran yang dikunjungi secara real
time.
Adapun kemudahan yang ditawarkan
oleh Meeberian ini bagi pelanggan sebuah restoran adalah sebagai berikut:
- Memudahkan memesan makanan dan minuman
- Memudahkan melakukan pembayaran
- Memudahkan memberikan penilaian bagi restoran tersebut
- Memudahkan mendapatkan informasi promosi secara langsung dalam satu aplikasi
- Bisa dapat poin dari setiap transaksi
Bahkan asyiknya lagi, aplikasi
Meeberian ini bisa sekalian berungsi sebagai penggantu kartu anggota yang bisa
kita gunakan untuk melihat history claim dan redeem dari akumulasi poin yang
didapat dari setiap transaksi di restoran melalui teknologgi scan QR Code,
sehingga kita tidak perlu membawa kartu dalam bentuk fisik lagi deh.
Kehadairan aplikasi Meeberlite
dan Meeberian di atas merupakan satu kesatuan yang saling terkoneksi satu
dengan yang lainnya dengan menawarkan beragam fitur yang menarik, seperti: Layanan profile pelaku bisnis yang akan
memudahkan pelanggan untuk mencari rekomendasi restoran terdekat. Selain itu
ada E-Menu dan Smart Order with QR Code
yang terkoneksi dengan restoran yang dituju sehingga pelanggan dapat memilih
menu yang diinginkan dengan nyaman dan cepat.
Kemudian ada juga fitur Waiter calling, Bill Asking, notivikasi
Order Ready to Pick Up untuk model
restoran quick service, itur Cashless
Transaction dengan layanana E-Wallet dan fitur Feedback yang mendukung pemilik restoran untuk meningkatkan nilai
kepuasaan dan loyalitas pelanggan.
Kehadiran aplikasi Meeberlite dan
Meeberian ini berfokus pada layanan dine-in mengingat ada 85% transaksi F&B
yang berasal dari layanan tersebut. Dan aplikasi Meeberlite ini bisa digunakans
secara gratis oleh pelaku bisnis F&B, begitu juga untuk aplikasi Meeberian
pun bisa digunakan secara gratis oleh pelanggan yang didukung oleh berbagai keungulan
bagi para penguanya.
Mencoba Order dengan Aplikasi Meeberian
Jadi sebagai konsumen, kita kini
tidak perlu pusing lagi harus antri saat memesan makanan, karena sekarang semua
bisa kita lakukan dalam genggaman kita hanya bermodalkan smartphone kita saja,
maka proses pemesanan makanan bisa kita lakukan dengan cepat dan praktis.
Nah, kemarin saya sudah mencoba
aplikasi ini untuk memesan segelas kopi di Laku Kopi. Prosesnya begitu gampang
menurut saya. Jadi begini langkah-langkah penggunaan aplikasi Meeberian ini:
- Download terlebih dahulu Aplikasi Meeberian di play store
- Lakukan proses instalisasi dan lengkapi pengisian data diri berupa nama, nomor telephone dan email.
- Lakukan scan RQ code restoran tersebut, lalu akan muncul menu apa saja yang ada di restoran tersebut.
- Kemudian pilih menu-menu yang ingin kita pesan
- Lalu pilih metode pembayarannya yang kita inginkan (bisa cash atau metode pembayaran lainnya)
- Lalu tinggal tunggu, nanti akan ada pemberitahuan jika pesana kita sudah siap.
Ternyata memesan kopi dengan aplikasi Meeberian ini sangat cepat dan tidak pake ribet |
Kalo menurut saya pribadi sih,
kehadiran aplikasi Meeberian ini benar-benar praktis, bikin kita semakin nyaman
dan mudah dalam memesan makanan dan minuman, tidak ada lagi mengeluh capek
berdiri lama antri atau kesal sama pelayan yang telat melayani kita saat mau
pesan makanan atau minuman. Kini, semua begitu mudah hanya dalam genggaman kita
saja.
So, selamat mencoba. :)
Keren yah soft launching aplikasi langsung dua sekaligus. Semoga segera ada di App Store. 😊
ReplyDeleteBener Mas, dengan adanya aplikasi Meeberian ini kita tidak capek-capek lagi mengantre dan sebel dengan pelayanan jika telat dilayani.
ReplyDeleteUrusan memesan menu saat ini jadi lebih mudah, cukup gunakan aplikasi Meebrian saja. Keren inovasi yang dihadirkan Meeber Teknologi.
ReplyDeleteOh ini toh aplikasinya yang bisa kita ngga ngantri atau nunggu pesanan lama, wah emang bener2 kece banget
ReplyDeletetinggal klik2.. nungguin cpet dah ga pake antri2..
ReplyDeleteSetuju, dengan meeberian ini konsumen terbantu bgt , jdi lebih praktis dan nyaman.
ReplyDeleteNah iya bener banget nih supaya nggak capek antri juga dan nggak bikin kesel ya pas mau order barang
ReplyDeleteHemm aku seneng lo kalo dutraktrrr. Ageh traktir aku pake aolikasi meberian kangggg
ReplyDeleteKu kira kemarin grand launching ternyata soft ya. Ya ampun, sibuk nyobain aplikasinya dan otak atik sampe enggak ngeh kalo itu soft launchinh.
ReplyDeleteWah, somusi cerdas bisnis yang kekinian bgt ya...
ReplyDeleteYang aku suka dari apps ini adalah cepatnya, jadi bayar tinggal scan ajah, hehehe
ReplyDelete