Tumpukan kerjaan yang meminta
segera dituntaskan kerap membuat saya menunda untuk makan, bahkan membuat saya
sangat malas beranjak untuk meninggalkan meja kerja walau sejenak saja. Padahal
di saat yang sama saya juga merasa sangat jenuh dan lelah yang teramat
menyiksa.
Namun karena tidak ingin menunda
kerjaan dan takut tidak cepat beres maka saya kerap memaksakan diri saya untuk
menuntaskan pekerjaan itu sesegera mungkin, namun alhasil bukannya malah cepat
kelar saya malah sering mendadak kehilangan ide untuk meneruskan pekerjaan yang
tengah saya kerjakan.
Jadinya bikin makin kesal,
emosian dan stress sendiri karena kerjaan yang diharapkan cepat kelar
malah mentok karena otak dan tubuh tidak bisa diajak kompromi lagi untuk
menyelesaikan masalah kerjaan tersebut.
Jika sudah terjadi hal seperti
ini, ternyata tak baik kita memaksakan diri untuk terus terpaku pada kerjaan,
kita harus sejenak beristirahat, memberikan jeda sejenak pada tubuh untuk
rileks tanpa harus terus-menerus dipaksa untuk tetap bekerja.
Untuk membantu konsumen memahami
perlunya memiliki jeda dalam kesibukan, VIT menggelar acara bincang-bincang
santai untuk membahas Pentingnya Melepas
Penat Sejenak di Sela Kesibukan Sehari-hari dengan menghadirkan narasumber Ibu Ayu Azha selaku Senior Brand
Manager VIT dan juga Mba Tara Adhisti de
Thouars, BA, M.Psi selaku psikolog yang akan membahas lebih jelas mengapa
dan seperti apa pentingnya mengambil jeda di tengah kesibukan.
Acara ini juga sekalian menandai peluncuran kembali VIT dengan logo dan slogan barunya 'Lepasin Aja' sebagai ajakan untuk mengambil jeda sejenak di tengah tantangan hidup sehari-hari. Dimana slogan baru VIT ‘Lepasin aja’ ditunjukan kepada pasar anak muda berusia 20-29 tahun, dimana usia ini sebagian besar berada pada masa transisis kehidupan. Slogan ini juga digunakan dalam kampanye identitas baru VIT baik online maupun offline.
Ibu Ayu Azha selaku Senior Brand Manager VIT mengatakan "Kami
ingin menjadi teman yang selalu dapat diandalkan oleh konsumen kami. Ketika
mereka merasa lelah atau kewalahan, kami ingin mereka mengingat dan mengambil
botol VIT untuk membantu mereka sedikit rileks sebelum menghadapi aktivitas
mereka kembali. Inilah cara kami agar tetap relevan bagi konsumen, dengan
beradaptasi pada gaya hidup masyarakat saat ini."
Sebab VIT telah menjadi salah
satu merek air kemasan terkemuka di Indonesia selama tiga puluh tahun terakhir
yang hadir dengan berbagai ukuran kemasan seperti: gelas 220ml, botol 330ml,
600ml, 11L (area tertentu), dan 1.5L serta gallon 19L yang bisa dipilih sesuai
dengan kebutuhan kita, baik untuk persedian di rumah ataupun untuk dibawa kemana-mana.
Dan kini VIT merasa saat yang
tepat untuk merevitalisasi mereknya dengan mengambil langkah berani untuk
mereposisi merek melalui slogan dan logo baru yang didominasi warna merah ini agar mencerminkan langkah modern dan dinamis yang diambil VIT dalam memasuki
pasar yang kompetitif.
Bu Ayu menambahkan bahwa "Logo
baru ini diluncurkan yang pasti keinginan kami tak lepas dalam mencerminkan
aktifitas konsumen kita yang lebih mudah, dan lebih dinamis. Sehingga kesan
yang didapat dari desain baru ini konsumen menilai lebih mudah lebih modern,”
Sebab tidak bisa dipungkiri, VIT meluncurkan
kembali merek ini agar lebih relevan terutama mereka yang sedang dalam masa
transisi kehidupannya, sehingga anak muda yang selalu butuh aktualisasi diri tetap
bisa melahirkan ide dan kreativitas baru di tengah tumpukan kerjaan yang
menyita banyak waktunya.
Meskipun kesibukan kerjaan dengan
segala aktifitas yang padat, ternyata kita tetap harus memberi jeda pada diri
kita sejenak, karena ini penting loh.
Hal ini juga diungkapkan oleh Mba Tara Adhisti de Thouars, BA, M.Psi,
bahwa “Saat tenggelam dalam tugas dan masalah sehari-hari, kita sering lupa
untuk menarik diri dalam aktivitas tersebut untuk mengambil napas. Meskipun hal
itu mungkin tidak segera memecahkan masalah, namun beristirahat sejenak saat
kita merasa terbebani benar-benar akan membantu untuk rileks sehingga kita
dapat kembali menghadapi masalah.”
Selain itu Psikolog muda juga
cantik ini mengungkapkan bahwa untuk memberikan rasa rileks sesaat itu tidak
perlu melakukan sesuatu yang besar atau menyita waktu. Bahkan sesederhana
meneguk beberapa teguk air minum cukup untuk membantu menenangkan diri ketika
kita merasa terbebani, sehingga pikiran dan emosi kita dapat berfungsi lebih
baik untuk melanjutkan tugas sehari-hari. Itulah jeda yang membebaskan.
Hal ini pun benar adanya, bahwa sejenak
jeda dengan meneguk air mineral itu banyak juga manfaatnya, sebab saya pernah
baca di sebuah artikel bahwa kekurangan air bisa meningkatkan produksi hormon
cortisol yang bisa memicu munculnya
stres pada seseorang.
Dan konon katanya stres dan
dehidrasi itu adalah dua hal yang saling berkaitan. Ketika kita merasa stres, maka
kita akan mudah mengalami dehidrasi. Dan sebaliknya, ketika kita mengalami
dehidrasi maka kita akan gampang merasa stres.
Jadi jika tidak ingin stress saat kerja, maka jangan lupa memberikan jeda sejenak sesibuk apapun kita beraktivitas dengan cara minimal meneguk air minum sehingga pikiran dan emosi bisa berfungsi lebih baik untuk melanjutkan tugas sehari-hari.
Jadi jika tidak ingin stress saat kerja, maka jangan lupa memberikan jeda sejenak sesibuk apapun kita beraktivitas dengan cara minimal meneguk air minum sehingga pikiran dan emosi bisa berfungsi lebih baik untuk melanjutkan tugas sehari-hari.
Jadi seberat apapun kerjaan kita,
maka jangan lupa jeda sesat dan lepaskan aja segala penatnya sebelum
melanjutkan beraktifitas lagi. Sebab istirahat sesaat selama 5 – 10 menit akan
membuat kita kembali fresh untuk fokus menuntaskan pekerjaan kita.
So, Beri Jeda sesat dan
lepasin aja…
No comments:
Post a Comment