Saya merasa senang mendapatkan undangan untuk menghadiri acara bertajuk memanfaatkan teknologi digital yang diselenggarakan oleh PT.
Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) dalam rangkaian CNI Extravaganza yang diselenggrakan
untuk memeriahkan acara ulang tahun CNI yang ke 31 tahun.
CNI Extravaganza sendiri berlangsung dari
tanggal 18 – 21 Oktober 2017 bertempat di CNI Creative Center Building di
jalan Puri Indah Blok O2 No. 1-3 Jakarta. Namun saya pribadi baru sempat
menghadiri keseruan acara CNI Extravaganza pada tanggal 19 Oktober 2017, kebetulan
bangat di hari ini saya bisa mengikuti seminar dan Talkshow IDEA PRENEUR dengan
tema “Jadi Entrepreneur Hebat Dengan Manfaatkan Dunia Digital.”
Dalam acara ini ternyata para
narasumbernya sangat luar biasa, sebuat saja ada Mas Ryan Batchim (Praktisi Google), Mas Charis Abdul Hanan (Business
Entrepreneur) dan juga Mba Dina
Lorenza (Artis Sinetron & Anggota Ikatan Usaha Muslimah Indonesia).
Yang dipandu oleh Mas Marselinus Ferdinand sebagai MC & Moderator.
Mba Dina (Kiri) - Mas Charis - Mas Ryan - Mas Marselinus |
Saya saangat senang dengan
kadatangan para narasumber di acara ini, karena dari mereka semua saya
mendapatkan banyak imu baru yang sangat keren terutama tentang bagaimana
memanfaatkan kecanggihan teknologi digital saat ini.
Penurutan Mas Ryan Batchim selaku Praktisi Google
Beruntung
bangat saya datang ke acara ini, karena bisa mendengar langsung Mas Ryan
Batchim yang merupakan seorang Praktisi Google ternama yang sudah berturut-turut
meraih Google Adword Top Contributor dari 2013 – 2017. Keren ya!
Mas Ryan Batchim |
Dari Mas
Ryan ini, saya mendapatkan banyak informasi menarik tentang bagaimana cara kita
memanfaatkan kehadiran dunia digital untuk menjadi entrepreneur hebat dengan
memanfaatkan teknologi digital yang ada saat ini.
Mas Ryan
Batchin juga memaparkan tenang bagaimana kini strategi marketing yang dulu
offline kita sudah mulai merambah ke dunia online. Bahkan ternyata lebih dari
70% yang melihat iklan offline maka kemudian melakukan pencarian di internet
dan lebih dari 60% orang yang menonton iklan di TV pun melanjutkan dengan melakukan
pencarian di Internet.
Dan saat ini di Indonesia sendiri
trand digital di Indonesia ternyata sosial media yang berada di posisi atas
dikuasai oleh youtube di posisi ke atas, lalu disusul oleh facebook, lalu instagram.
Tetapi untuk aplikasi chatting ternyata yang menjadi trand adalah whatsapp, FB
Messenger, Line, BBM, wechat.
Melihat trand tersebut di atas,
maka kita bisa memanfaatkannya untuk menciptakan peluang yang luar biasa untuk
dunia digital marketing. Karena tidak bisa pungkiri, saat ini digital marketing
itu sangat penting karena memberikan keunggulan yang menarik, seperti:
- Bisa on selama 24 jam, maka dengan strategi digital marketing, informasi mengenai produk ataupun jasa yang pasarkan dapat diakses kapanpun.
- Jangkauannya luas, bisa menjangkau orang-orang secara global dengan jangkauan yang sangat luas sehingga bisa menjangkau
- Kita bisa menargetkan kepada khalayak yang sesuai dengan target produk yang kita promosikan
- Low cost tapi high impact da nada measurement yang bisa kita ukur
Setelah mengetahui bagaimana
pentingnya digital marketing, maka selanjutnya kita harus tahu bagimana membuat
konsep digital marketing, karena ini juga tidak kalah pentingnya. Kita bisa
memulai digital marketing dengan sebuah website / blog / fanpage di faebook,
jadi kita harus membayangkan bahwa website / fanpgae tersebut seperti sebuah
rumah atau toko kita sendiri. Maka dengan begitu kita harus berusaha bagaimana
caranya supaya toko kita banyak dikunjungi oleh orang lain.
Untuk mengundang banyak
pengunjung ke toko online kita ternyata ada strateginya. Startegi mendatangkan
pengunjung ke website / fanpgae kita adalah dengan memaksimalkan beberapa media
berikut ini: Google ads, Sosial
media, Email marketing, Search engine
optimization (SEO), Youtube.
Manfaatkan Google
Siapa sih yang tidak menggunakan
Google? Hampir seluruh orang yang menggunakan internet sudah pasti sangat
familiar dan terbiasa menggunakan Google menurut saya. Namun tidak semua orang
tahu, bahwa ternyata Google itu mempunyai keunggulan yang begitu luar bisa
sehingga membuat usaha kita bisa ikut melejit jika pandai memaksimalkannya.
Untuk itu, sangat penting bagi
kita memanfaatkan Search engine karena di google kita bisa mengoptimalkan SEO
yaitu dimana website dioptimalkan untuk muncul di halaman pertama google. atau
bisa juga melalui SEM / iklan berbayar di Google search (Muncul di posisi atas
page one Google)
Kenapa menggunakan google?
Perlu kita tahu, ternyata lebih
dari 80% pengguna internet di dunia dan 92,64% pengguna internet di Indonesia
menggunakan Google sebagai mesin pencari untuk menemukan apapun yang ingin
ditemuinya. Untuk itu, menggunakan Google sangat diperlukan karena memberikan
manfaat yang luar biasa, sebagai berikut:
- Dengan Google kita bisa menemukan target pasar secara tepat sasaran karena iklan kita akan menjadi lebih efektif karena iklan hanya tertuju pada orang yang mencari atau tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.
- Kita tidak perlu membayar saat iklan kita ditampilkan, kita hanya perlu membayar saat iklan kita diklik orang lain.
- Jangkauan jaringan google itu sangat luas sehingga peluang kita semakin besar.
- Kita juga jadi lebih gampang untuk mengukur hasil campaign kita secara reliable dan terukur dengan efektif.
Manfaatkan Sosial Media
Perlu kita ketahui juga, untuk
membuat usaha kita di dunia digital ini semakin luas, maka kita bisa juga
menggunakan kekuatan media sosial untuk meraih consumer dan mendengarkan suara
mereka.
Dimana melalui sosial media ini
kita bisa bangun komunikasi dan relasi yang baik dengan customer dan calon
customer. Dimana media sosial yang bisa kita gunakan di antaranya: facebook,
instagram, twitter, Google+, dan platform media sosial lainnya untuk meningkatkan
trust dan brand loyalty product.
Ada dua media sosial yang saat ini booming
juga sangat mudah digunakan dan pastinya gratis sehingga sangat cocok digunakan
untuk dimaksimalkan yaitu fan page
facebook dan instagram.
Dengan menggunakan funpage
facebook kita dapat membuat katalog promosi dan mengupdate status mengenai
promo produk atau jasa yang kita jual. Dan melalui funpage ini calon customer
juga dapat bertanya langsung dan menyampaikan komen mereka di fanpage kita. Begitu
juga dengan instagram. Kita juga harus membuat akun instagram dengan memposting
gambar-gambar yang menarik dan informasi yang jelas mengenai harga, promo,
kontak yang bisa dihubungi.
Bagaimana cara memanfaatkan media
sosial? Dalam memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, maka ada
beberapa hal-hal penting yang harus kita tahu, diantaranya:
- Proportion dimana kita harus memperhatikan proporsi konten yang kita publish. Proporsi yang baik yaitu 80% konten yang bermanfaat dan 20% content promo produk. Jadi misalnya dalam sehari ada 20 post, maka 16 post harus yang bermanfaat dan 4 post untuk promo.
- Wording yaitu kita harus menggunakan kata-kata yang powerfull untuk menyampaikan pesan dari promo tersebut supaya gampang dimengerti oleh orang lain. Adapun hal-hal yang perlu kita perhatikan yaitu: Gaya bahasa, jangan typo, gunakan singkatan yang dimengerti ornag lain, usahakan jumlah karakter/kata sesuai dengan jenis social media yang digunakan, buat 1 SOP penulisan jika punya tim jadi semua gaya bahasa dan lain-lainnya sama.
- Picture yaitu kita harus menggunakan gambar-gambar yang bagus dan jelas sehingga bisa menarik perhatian konsumen kita. Kita juga bisa membuat pertanyaan interaktif melalui konten gambar, seperti menggunakan gambar yang mengundang orang untuk berinteraksi seperti buat gambar yang lucu, teka teki, ilusi optik. Dan hindari untuk menggunakan gambar yang berbau SARA dan Pornography.
- Timing yaitu kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi, karena tidak semua waktu itu bagus untuk dilakukan promosi. Misalnya pada saat weekday kita bisa memposting pada saat pagi sebelum orang berangkat kerja, sekitar sebelum jam 7 pagi atau bisa juga saat istirahat makan siang yaitu jam 12 siang. Tapi jika ingin posting saat weekend sebaknya di posting pada sore menjelang malam hari.
- Frequency yaitu tentang seberapa sering sih sebaiknya kita mempublish promosi dalam satu hari, hal ini penting supaya kita tidak posting secara berlebihan. Misalnya untuk fanpage kita update status 2 – 3 ali sehari, di twitter kita bisa update status 5 – 10 tweet per hari, dan di Instagram sekitar 2 – 5 kali sehari.
Selain itu, ada juga yang namanya Facebook ads, yaitu program periklanan
dari facebook yang didesain untuk membantu kita mempromosikan produk, jasa atau
funpage facebook yang kita miliki sesuai dengan target audiens kita.
Keunggulan facebook ads yaitu :
akan membangun brand awareness melalui facebook, meningkatkan interaksi komunikasi
dan relasi dengan audiens, dan juga meningkatkan jumlah fans fanpage kita.
Mengapa kita perlu untuk beriklan
di facebook?
- Iklan di facebook akan tepat sasaran dan target yaitu iklan kita akan menjadi lebih efektif karena iklan hanya tertuju muncul pada orang yang memiliki lokasi, interest, demografis yang sesuai dengan target iklan kita.
- Facebook merupakan medis terbesar di dunia dan di Indonesia jadi peluangnya sangat bagus untuk beriklan.
- Sistem pembayaran iklan berdasarkan cost per clicks maupun cost per impression.
- Meningkatkan brand trust melalui iklan rekomendasi atau sponsored stories ads
- Informasinya cepat menyebar luas dan menciptakan viral di sesama pengguna facebook.
Memanfaatkan Teknologi Digital untuk mengembangkan usaha
Selain itu, di acara ini juga
saya mendapatkan cerita seru dari Mas
Charis Abdul Hanan selaku Business Entrepreneur menuturkan kisah suksesnya
dalam menjalankan bisnis di CNI. Beliau menuturkan bahwa beliau mengenal bisnis
CNI dari orang tuanya sendiri, karena kedua orang tuanya juga berkecimpung di
bisnis yang sama.
Beliau mencoba memahami bisnis
ini, lalu mencoba menjalankannya, namun dalam menjalankannya ternyata tidak
mudah, berbagai kendala pernah dirasakannya. Namun semangat pentang menyerah
yang dilakukannya akhirnya bisa membawanya pada pencapaian yang luar biasa saat
ini, bahkan pada bulan Agustus ini beliau mencapai di tingkat Rubi member sejak
menjalankan bisnis CNI pada 2017. Bahkan dengan posisi di tingkat rubi ini,
beliau bisa mendapatkan pendapatan sekitar 40 juta per bulan.
Menjalankan bisnis CNI saat ini
baginya semakin mudah, karena dukungan teknologi digital membuatnya semakin sangat
efektif dalam menjalankan bisnis ini, semua bisa dikerjakan semakin mudah
dengan hasil yang kian maksimal.
Sukses itu
karena
Jeli
melihat peluang
dan
memanfaatkan peluang yang ada
dan
menjalankannya dengan inovatif.
Dan hadir juga Mba Dina Lorenza selaku Artis Sinetron & Anggota Ikatan Usaha
Muslimah Indonesia yang hadir juga pada acara ini untuk membagikan kisahnya
dalam menjalankan kesibukannya sebagai Ibu, Istri, artis dan juga menjadi
pengusaha.
Mba Dina menuturkan baru saja
berkecimpung dalam dunia bisnis khususnya busana muslimah, dan mengatakan bahwa
keberadaan dunia digital marketing seperti google, youtube, instagram,
facebook, dan lain sebagainya sangat membantu untuk untuk mengembangkan bisnis
yang tengah dirintisnya. Jadi jauh lebih mudah menginformasikan segala prodak
yang dimiliki kepada khalayak dengan cepat, mudah dan murah. Jadi dunia digital
ini sangat praktis untuk menjalankan bisnis saat ini.
Kunci untuk meningkatkan performa bisnis kita di dunia digital ini
adalah harus memberikan konten yang Informatif,
edukatif, dan jangan lupa berinteraksi
dengan custumer untuk menjaga
hubungan baik. Dan untuk memulai bisnis di dunia digital ini, kita bisa memanfaatkan
sosial media gratisan dulu saja, seperti Fan page Facebook dan Instragram yang
gratisan untuk mengawali berbisnis, namun sosial media mana yang praktis untuk
digunakan semua itu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang kita jalankan.
Sungguh saya mendapatkan banyak sekali informasi menarik yang saya
dapatkan dari penuturan Mas Ryan, Mas Charis dan Mba Dina Lorenza di atas,
semoga teman-teman yang membaca tulisan ini juga mendapatkan banyak manfaatnya
ya. :)
Terima kasih CNI sudah mengadakan acara talkshow sekeren ini, semoga acara seperti ini terus diadakan lagi ya. Dan tak lupa saya doakan semoga di usianya yang kian matang ini CNI semakin sukses dan membawa barokah dan kebahagiaan bagi banyak orang. Aamiin ya Allah...
Terima kasih CNI sudah mengadakan acara talkshow sekeren ini, semoga acara seperti ini terus diadakan lagi ya. Dan tak lupa saya doakan semoga di usianya yang kian matang ini CNI semakin sukses dan membawa barokah dan kebahagiaan bagi banyak orang. Aamiin ya Allah...
Selamat berbisnis & salam sukses!
Wahhh, kerem infonya.. Aku sukak yg part medsos & google, pas bgt diterapkan buat blog juga nih, biar semakin berkualitas pastinya..
ReplyDeleteIlmu dan keseruannya dapet. Asyik banget di acara ini ya :)
ReplyDeletethanks for sharing ilmu post di medsos. Btw buat Fb ads dijelaskan juga kah cara memilih target audience? aku belum oke nih pakai fb ads.
ReplyDelete