Friday, September 20, 2024

Sinar Mas Land Menerapkan Program Green Initiative BSD City

Digital Creator Gathering

Dalam era digital ini, menjadi seorang digital creator bisa menjadi pilihan karier yang sangat menarik bagi siapa saja, termasuk bagi saya pribadi. Menekuni dunia digital creator sejatinya bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan senang membuat konten digital seperti video, foto, tulisan atau podcast dan membagikan secara online melalui sosial media yang kita miliki.

Namun untuk membuat konten yang menarik dan disukai oleh banyak orang bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus kita pelajari, karena untuk sukses dalam dunia hiburan digital, diperlukan kerja keras, kreativitas, dan juga strategi yang tepat.

Selain itu, kita juga jangan cepat puas dengan ilmu yang kita miliki, harus ada kemauan untuk terus belajar, karena perkembangan dunia digital yang begitu cepat, mengharuskan kita untuk terus berpacu dengan perkembangan teknologi digital dan sosial media yang ada agar tidak ketinggalan.

Maka dari itu, saya pun selalu berusaha untuk terus mengupgrade ilmu dan pengetahuan saya dengan mengikuti berbagai acara yang terkait dengan dunia digital kreator ini. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan Digital Creator Gathering 2024 yang diadakan oleh Sinar Mas Land.


Sinar Mas Land Gelar Digital Creator Gathering 2024

Sungguh senang rasanya bisa ikut dalam acara Digital Creator Gathering 2024 yang diadakan oleh Sinar Mas Land di Marketing Office BSD City pada Sabtu, 14 September 2024 yang lalu. Sebab dari acara ini saya mendapatkan banyak sekali insight yang menarik.

Dan mengawali acara Digital Creator Gathering 2024 ini, dibuka dengan sambutan dari Mas Harris Maulana selaku Community Relations & Social Media Head, President Office – Sinar Mas Land yang menyampaikan bahwa kegiatan digital creator gathering ini menjadi sarana berkumpul dan berbagi informasi yang bermanfaat, khususnya bagi para digital kreator Jabodetabek.

Digital Creator Gathering Sinar Mas Land
Mas Harris Maulana memberikan sambutan dalam membuka acara Digital Creator Gathering 2024

Menariknya, acara ini dikemas dengan seru dan menyenangkan, sehingga kita bisa mengikuti setiap rangkaian acaranya dengan antusias. Dan kegiatan ini bukan hanya diadakan untuk warga Jabodetabek saja, namun juga diselenggarakan di beberapa kota lain dengan tenggat waktu yang berbeda-beda.

Selain menjadi ajang untuk bersilaturahmi, terselenggaranya acara ini juga menjadi wadah belajar bagi para konten kreator, karena acara ini menghadirkan workshop yang seru, seperti membahas SEO untuk website atau blog, dan juga membahas topik tentang bagaimana membuat video yang stand out untuk sosial media dengan narasumber yang memang sudah berpengalaman di bidangnya.

Dan asyiknya lagi, di acara ini kita juga mendapatkan materi tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi karbon agar perubahan iklim yang ekstrim tidak terus terjadi. Dan untuk mewujudkan hal ini, maka dibutuhkan kerjasama semua pihak, dan Sinar Mas Land sudah melakukan berbagai upaya melalui Green Initiative Program di BSD City ini.

Meskipun acara ini berlangsung dalam beberapa jam saja, dimulai sekitar jam 09.00 – 12.00 WIB, namun banyak sekali ilmu dan pengalaman seru yang saya dapatkan. Bahkan serunya lagi, acara ini juga bertabur banyak hadiah melalui kuis, lomba foto di instagram, lomba video di instagram dan juga lomba menulis blog yang diadakan oleh panitianya.

Makanya, saya sangat senang sekali bisa ikutan dalam kegiatan ini, dan berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi program rutin yang diadakan setiap tahun oleh Sinar Mas Land, agar kami bisa terus mengupgrate diri tentang digital teknologi dan juga lingkungan yang berkelanjutan.

Dan buat teman-teman yang kemarin tidak berkesempatan hadir dalam acara Digital Creator Gathering 2024 ini, maka tak usah sedih, karena berikut ini akan saya ceritakan beberapa informasi menarik yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan ini.


Sinar Mas Land Melakukan Green Initiative Program di BSD City

Pemanasan global bukanlah isu yang bisa dianggap remeh, karena dampaknya sudah mulai dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia. Oleh karena itu, perlu upaya bersama dari semua pihak untuk mengatasi masalah ini demi menjaga kelestarian bumi bagi generasi mendatang.

Untuk itu, Sinar Mas Land sebagai perusahaan pengembangan properti terbesar di Indonesia merasa terpanggil untuk turut melakukan berbagai upaya nyata dalam meminimalisir dampak buruk yang timbul dari pemanasan global yang terjadi saat ini.

Hal ini juga yang diungkapkan oleh Mas Sessario Bayu Mangkara selaku Green Initiative Department Head, President Office Sinar Mas Land melalui presentasi yang dibawakannya dengan tema “Reducing Carbon Emission through Green Initiative Program in BSD City” dalam acara Digital Creator Gathering 2024 ini.

BSD City menjadi smart city in Indonesia
Mas Sessario Bayu menjelaskan Green Initiative Program di BSD City

Dari penjelasan Mas Sessario Bayu Mangkara saya semakin tercerahkan, bahwa perubahan iklim ekstrim yang kerap terjadi di sekitar kita ternyata dipicu oleh adanya pemanasan global, sehingga mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh tingginya kadar gas rumah kaca di atmosfer. Dan salah satu gas rumah kaca yang memiliki peran penting dalam menyebabkan pemanasan global adalah karbon dioksida (CO2).

Nah, emisi karbon dioksida ini berasal dari berbagai aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil dari industri dan kendaraan, penumpukan sampah yang berlebihan, penebangan hutan yang merajalela, pemakaian bahan kimia yang tinggi pada bidang pertanian, banyaknya kotoran dan ekstraksi dari hewan peternakan, hingga menjamurnya bangunan dan konstruksi yang digunakan secara pesat pun turut menjadi menyumbang emisi gas rumah kaca yang terjadi saat ini.

Meningkatnya gas rumah kaca ini kemudian menangkap radiasi panas dari matahari dan menyebabkan pemanasan global yang akhirnya membuat perubahan iklim ekstrim yang terjadi saat ini, seperti semakin sering terjadinya hujan deras, banjir bandang, panas terik, kekeringan, badai, kesulitan air bersih, hingga naiknya permukaan air laut yang terjadi begitu cepat, bahkan tak lagi mengenal musim, bisa terjadi kapan saja.

Untuk itu, kondisi ini harus segera kita atasi, karena bisa memicu perubahan iklim yang tak terkendali jika terus dibiarkan, berbagai bencana alam akan hadir menimpa kita jika tidak ditangani dengan serius, tak hanya menyebabkan kerugian materi tapi juga bisa menimbulkan korban jiwa yang cukup besar.

Maka dari itu, salah satu upaya Sinar Mas Land dalam membantu mengatasi masalah perubahan iklim ini adalah dengan menerapkan Green Initiative Program di BSD City sebagai upaya untuk melestarikan dan memperbaiki lingkungan agar dampak dari pemanasan global bisa diminimalisir demi lingkungan yang berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan visi dari Sinar Mas Land yang ingin melakukan pengembangan dengan memelihara keseimbangan Sosial, Lingkungan, dan Profit Perusahaan melalui 4 pilar berkelanjutan, yaitu Best in class real estate, Sustainable community, Climate change and the environment, Educational patronage.

Dan terkait dengan pilar “Climate change and The Environment” Sinar Mas Land mengusung 8 aspek untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan agar masalah perubahan iklim dan kerusakan lingkungan tidak semakin buruk, sehingga menjadikan BSD City sebagai kota hijau di Indonesia.

1. Green Building
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang properti, Sinar Mas Land selalu berupaya untuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan dengan mengedepankan konsep “Green Building atau Bangunan Hijau” yang merujuk pada praktek desain, konstruksi, dan operasional bangunan yang bertujuan untuk meminimalkan dampak lingkungan dan meningkatkan efisiensi sumber daya.

Untuk itu, konsep green building ini menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan, daur ulang material, dan pengurangan limbah konstruksi, seperti penggunaan air dan pengelolaan limbah yang efisien. Selain itu, dirancang untuk mengurangi konsumsi energi melalui penggunaan teknologi yang memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya atau angin.

Dan tentunya, tetap memperhatikan kualitas udara dan cahaya dalam ruangan dengan menggunakan kaca low-e, fasad ganda, dan pelindung sinar matahari, optimalkan pencahayaan alami dan ventilasi alami, serta menggunakan pendingin berkinerja tinggi, lampu LED, dan sensor pencahayaan yang ramah lingkungan.
Green living in Indonesia
Sinar Mas Land hadirkan green building di BSD City sebagai upaya untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan - Foto by Sinar Mas Land

Selain itu, yang juga penting dalam menerapkan green building ini adalah menerapkan struktur organisasi pengoperasian dan pemeliharaan hijau yang jelas, dan didukung sistem pemantauan energi dan audit energi secara berkala, agar semuanya berjalan dengan baik.

Upaya tersebut sudah terlihat pada sejumlah gedung perkantoran milik Sinar Mas Land yang telah mendapatkan sertifikasi Green Building dari Green Building Council Indonesia (GBCI) dan juga dari Greenmark BCA, seperti BSD Green Office Park Area, Sinar Mas Land Plaza Thamrin, Sinar Mas Land Plaza BSD City, My Republic Plaza BSD City, Green Office Park 1 BSD City, Green Office Park 9 BSD City dan lain sebagainya.


2. Green Material
Penggunaan material ramah lingkungan juga menjadi konsen dari Sinar Mas Land sebagai upaya dalam perancangan bangunan yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan memaksimalkan efisiensi sumber daya alam yang ada.

Memilih material bangunan yang ramah lingkungan bukan hanya tentang bahan atau material itu sendiri. Namun juga melibatkan pertimbangan terhadap siklus hidup material tersebut, proses produksi, juga keberlanjutan sumber daya tersebut, tanpa mengabaikan kualitas yang dihasilkannya.

Dan, sejak tahun 2023 yang lalu, Sinar Mas Land sendiri sudah mengupayakan sebanyak 28,66% penggunaan material ramah lingkungan dari total material yang digunakan dalam produk perumahan yang dibangunnya. Dan sebagai contohnya, BSD City menawarkan berbagai hunian dengan konsep green living in Indonesia yang dirancang dengan bahan material yang ramah lingkungan untuk mendukung gaya hidup sehat dan berkelanjutan.

Hal ini menunjukan bahwa Sinar Mas Land terus berkomitmen untuk menerapkan konsep sustainable development dalam setiap produk hunian hingga kegiatan bisnisnya dengan terus melakukan pengembangan properti hijau dengan dukungan material yang ramah lingkungan.


3. Energy Efficiency & Water Conservation
Salah satu yang memicu terjadinya pemanasan global adalah tingginya penggunaan bahan bakar fosil yang menimbulkan emisi karbon dioksida. Maka untuk mengurangi emisi CO2 yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil ini, Sinar Mas Land terus mengupayakan penggunaan energi baru terbarukan (EBT), salah satunya dengan mengkonsumsi listrik hijau melalui penggunaan sertifikat EBT atau renewable energy certificate (REC) dari PT PLN.

Selain itu, Sinar Mas Land juga melakukan penghematan penggunaan air, karena penggunaan air yang berlebihan dapat mengakibatkan pengeringan sumber daya air alami, merusak ekosistem air, dan mengancam keberadaan satwa liar. Dengan menghemat air, kita dapat secara langsung melindungi lingkungan dan mengurangi jejak emisi karbon bagi lingkungan.

Dan upaya lain yang juga dilakukan oleh Sinar Mas Land adalah dengan pengelolaan limpasan air hujan agar tidak terbuang sia-sia sekaligus memitigasi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, kekeringan, dan longsor demi meningkatkan kualitas kehidupan di masa depan.


4. Towards Low Carbon Development
Sinar Mas Land turut mengambil bagian dalam mengurangi emisi CO2 dengan berupaya melakukan upaya low carbon untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE) 2060 demi mempercepat pencapaian target National Determined Contribution (NDC) pada 2030 sebanyak 32%-43,2% atau setara dengan 912-1.225 juta ton CO2e seperti yang digalakkan pemerintah saat ini.

Kota Hijau di Indonesia
Malam hari jadi terang benderang dengan adanya panel surya 

Maka untuk mewujudkan upaya inventarisasi dan upaya pengurangan emisi karbon ini, Sinar Mas Land sudah melakukan beberapa upaya nyata seperti berikut, diantaranya adalah:
  • Panel Surya pada Atap Bangunan: Sinar Mas Land sudah menerapkan penggunaan panel surya sebagai sumber energi pada beberapa gedung office dan commercial.
  • Panel Surya pada Penerangan Jalan Umum: Sinar Mas Land sudah memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi pada penerangan jalan di Kawasan Green Office Park (GOP).
  • Renewable Energy Certificate (REC): Sinar Mas Land juga sudah melakukan pemanfaatan energi listrik melalui sumber pembangkit energi terbarukan.



5. Green Habit
Untuk mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan dengan rendah emisi karbon ini tentu tak bisa dilakukan oleh Sinar Mas Land saja. Maka dari itu, Sinar Mas Land kini terus melakukan kampanye dan juga memberikan edukasi perilaku hidup yang ramah lingkungan kepada masyarakat luas dengan menerapkan green habit.

Green habit atau perilaku ramah lingkungan ini sejatinya mudah dilakukan oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua pun bisa melakukannya. Gerakan ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi lingkungan yang berkelanjutan bila dilakukan secara bersama-sama.

Adapun upaya green habit yang bisa kita lakukan antara lain: menggunakan kendaraan umum, buang sampah pada tempatnya, tidak merokok di area bebas asap rokok, mengurangi pemborosan energi, menghemat penggunaan air, matikan lampu jika tidak digunakan, menghindari menggunakan plastik, membawa tas sendiri saat belanja, menggunakan alat makan dan minum yang bisa digunakan kembali, dan masih banyak cara sederhana lain yang bisa kita lakukan untuk menerapkan kebiasaan yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari bersama-sama kita budayakan green habit ini sebagai bagaian dari gaya hidup kita sehari-hari untuk dilakukan secara konsisten demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman, serta mencegah kerusakan lingkungan yang lebih parah di masa depan.

6. Green Mobility
Dalam mendukung terciptanya tatanan lingkungan berkelanjutan yang minim penggunaan bahan bakar fosil, maka Sinar Mas Land menghadirkan green mobility, yaitu konsep yang menawarkan mobilitas minim polusi udara dan suara, serta mengedepankan kelestarian alam dan kelancaran konektivitas dalam kawaasan dengan menghadirkan transportasi umum yang nyaman dan sudah terintegrasi di Kawasan BSD City, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat umum dengan mudah.

Dalam hal ini, Sinar Mas Land telah menghadirkan Transit Oriented Development (TOD) di stasiun Cisauk untuk mendukung kenyamanan mobilitas masyarakat. Bahkan kerennya lagi, di sini juga telah disediakan bus bertenaga listrik yang bisa dinikmati oleh masyarakat tanpa biaya alias gratis untuk rute stasiun Cisauk menuju ke dalam Kawasan BSD City ataupun sebaliknya.

Smart city in Indonesia
Pengalaman seru naik bus gratis dari stasiun Cisauk ke The Breeze

Selain itu, Sinar Mas Land juga telah menyediakan beberapa Electric Vehicle Charging Station (EVCS) atau stasiun pengisian daya mobil listrik yang tersebar di kawasan BSD City, seperti di AEON Mall BSD, The Breeze, dan tempat lainnya untuk memudahkan masyarakat melakukan pengisian baterai kendaraan listrik.


7. Waste Management
Keberadaan sampah dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan jika tidak dikelola dengan baik. Keberadaan sampah yang menumpuk bukan hanya mengotori lingkungan, namun juga menjadi sumber penyakit dan dapat memicu emisi karbon semakin meningkat

Untuk itu, Sinar Mas Land kini menghadirkan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dengan konsep Reduce Waste to Landfill, yaitu sampah atau limbah akan dipilah, didaur ulang, ditangani secara mendetail sehingga hanya sedikit saja residu yang berakhir dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain itu, Sinar Mas Land juga melakukan edukasi pilah sampah dari sumber kepada masyarakat di sekitar BSD City melalui program Plastic Exchange untuk menyortir mana sampah plastik yang masih bisa didaur ulang atau dikelola kembali sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah.

Nah, sampah plastik yang telah dipilih dan dikumpulkan tersebut nantinya diolah menjadi campuran aspal. Bahkan Sinar Mas Land bersama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk sudah mengembangkan infrastruktur berkelanjutan dengan menghadirkan jalan aspal yang terbuat dari 164,2 juta lembar sampah plastik kresek sepanjang 8,6 km di kawasan BSD City sejak tahun 2021 yang lalu.

Smart city in Indonesia
Di sini kita bisa menukarkan sampah botol plastik dengan uang loh, asyik banget bukan?

Bahkan menariknya, Sinar Mas Land juga menyediakan Reverse Vending Machine (RVM) di The Breeze Mall yaitu sebuah mesin otomatis yang dapat menerima sampah botol plastik yang akan ditukarkan dengan poin (uang elektronik). Langkah ini sekaligus mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya.


8. Renewable Energy
Menerapkan energi terbarukan menjadi hal penting saat ini. Dan Sinar Mas Land telah menjadi salah satu pengembang properti di Indonesia yang mengimplementasikan konsep pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan sebelum proses ESG (Environmental, Social, Governance) diterapkan.

Bahkan langkah konkret yang dilakukan oleh Sinar Mas Land untuk meminimalisir dampak negatif dari perubahan iklim ini dapat kita lihat dari penerapan material ramah lingkungan, menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui penerapan panel surya di bangunan-bangunan komersial, sarana penerangan jalan hingga pemanfaatan layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero).

Dengan menggunakan energi terbarukan ini, Sinar Mas Land sudah turut mendukung inisiasi pemerintah dan mengambil bagian dalam mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) agar tidak semakin memperparah tingginya kadar gas rumah kaca di atmosfer, sehingga pemanasan global bisa diatasi untuk melindungi bumi dan meningkatkan kualitas hidup bagi generasi mendatang.

Green living in Indonesia
BSD City menghadirkan kawasan smart city dengan konsep kota hijau di Indonesia

Dari 8 aspek yang dilakukan oleh Sinar Mas Land di atas harus kita teladani bersama, karena penyelamatan bumi dari perubahan iklim yang terjadi saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua. Sekecil apapun langkah baik yang kita lakukan untuk bumi ini tentu jauh lebih berarti daripada hanya diam tanpa aksi nyata. Untuk itu, mari kita bergerak bersama, saling bergandengan tangan untuk menjaga lingkungan tetap lestari dan berkelanjutan agar menciptakan banyak kota hijau di Indonesia demi kelangsungan hidup generasi berikutnya.

Kita bisa menjadikan upaya yang dilakukan Sinar Mas Land di atas sebagai contoh nyata dalam mengurangi emisi karbon demi menjaga lingkungan yang berkelanjutan agar perubahan iklim yang ekstrim tidak semakin parah. Dan hal ini jugalah yang membuat kawasan BSD City sebagai green living in Indonesia yang nyaman dan sekaligus menjadikan BSD City semakin terdepan sebagai smart city in Indonesia.

Ya, tak heran bila BSD City disebut sebagai kota mandiri dan smart city in Indonesia, karena kawasan ini sudah didukung oleh berbagai infrastruktur yang modern, jaringan jalanan yang baik, fasilitas publik yang nyaman, kawasan pendidikan yang lengkap, tempat hiburan dan rekreasi yang beragam, kawasan bisnis dan teknologi yang canggih, lingkungan hijau yang asri, dan juga sistem keamanan yang terjaga.

Selain itu, BSD City juga merupakan salah satu kota hijau di Indonesia yang mengedepankan tata kota modern dengan lingkungan hijau yang luas, sehingga dapat memberikan kualitas hidup penghuninya menjadi lebih baik, karena memiliki udara yang lebih sejuk, asri, dan kualitas air yang bersih.

Maka dari itu, sungguh sangat beruntung bila kita bisa tinggal di kawasan BSD City ini, karena selain aksesnya mudah, kota mandiri yang satu ini menawarkan pengalaman live, learn, work, and play bagi penghuni lewat konsep smart city dan fasilitas modern demi memberikan kehidupan yang aman dan nyaman. 


Optimasi Blog dengan SEO agar ramah di Mesin Pencarian

Selain mendapatkan banyak informasi menarik seputar pentingnya menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Dari acara Digital Creator Gathering 2024 ini saya pun mendapatkan ilmu yang sangat menarik tentang Search engine optimization (SEO) yang dibawakan oleh Mba Jesslyn Marvella selaku Website Chanel Specialist Sinar Mas Land.

Manfaat SEO bagi website
Mba Jesslyn menjelaskan tentang SEO agar website kita bisa muncul di halaman perncarian teratas

Sebagai seorang blogger, saya pun sangat menyadari bahwa kita tak hanya diharuskan untuk pintar merangkai kata saja, namun kita juga harus belajar bagaimana caranya agar tulisan kita bisa muncul di halaman teratas pada halaman mesin pencari.

Hal itu juga yang diungkapkan oleh Mba Jesslyn Marvella bahwa penguasaan Search engine optimization (SEO) ini sangat penting, karena SEO merupakan teknik mengoptimasi website atau blog kita agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian mesin pencari untuk kata kunci yang relevan.

Selain itu, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan optimasi SEO pada situs web atau blog yang kita miliki, antara lain: bisa membantu memberikan tingkat konversi yang lebih tinggi, manajemen biaya yang lebih baik, sumber prospek yang baik, mendorong pengguna lokal, memaksimalkan pengalaman pengguna, meningkatkan kredibilitas merek, meningkatkan kecepatan situs web, membuat situs website lebih mobile friendly dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Dan pada dasarnya, cara kerja SEO ini hanya ada tiga tahapan, yaitu:
  • Crawling, yaitu mesin pencari menggunakan bot atau spider untuk menjelajahi seluruh website yang ada di internet.
  • Indexing, yaitu data yang dikumpulkan selama proses crawling akan disimpan di dalam database raksana mesin pencari
  • Ranking, yaitu penilaian halaman yang sudah diindex untuk memilih mana yang akan tampil di posisi teratas.
Dengan memahami cara kerja SEO di atas, maka ada beberapa upaya yang harus kita lakukan agar artikel di blog atau website kita dapat tampil pada halaman teratas mesin pencari, yaitu:

1. Membuat Google Search Console
Google Search Console merupakan sebuah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kita dalam memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah terkait kehadiran website atau blog kita pada hasil pencarian Google.

Dan untuk untuk menambahkan website atau blog kita di akun google search console caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut :
  • Login akun gmail
  • Akses url https://search.google.com/search-console/about
  • Klik Start
  • Kemudian Add Property pada dashboard
  • Kemudian Pilih kategori tipe property
  • Klik Continue

2. Membuat permintaan pengindeksan di Google Search Console
Setelah berhasil menambahkan website atau blog kita pada google search console, maka selanjutnya kita bisa meminta pengindeksan di Google Search Console agar website atau blog kita lebih mudah masuk dalam peringkat google. Sebab dari indexing inilah kemudian google mengurutkan atau merangking halaman website sesuai keyword yang ada.

Dan cara minta pengindeksan halaman website atau blog di Google Search Console adalah sebagai berikut:
  • Copy link halaman website atau blog
  • Buka google search console lalu klik start now
  • Paste link tadi pada menu inspect URL di google search console
  • Klik tombol ajukan pengindeksan atau request indexing
3. Melakukan optimasi SEO pada On Page SEO, Off Page SEO, dan Technical SEO
Untuk memudahkan website kita terindeks di mesin pencarian, kita juga wajib untuk melakukan beberapa optimasi, antara lain: Optimasi On Page SEO yang mengacu pada optimasi elemen-elemen yang ada di dalam halaman website atau blog kita, seperti membuat meta title, meta description, heading, optimasi gambar atau foto, membuat link internal, URL Structure, keyword research hingga content optimization.

Sedangkan optimasi Off Page SEO mencakup semua tindakan yang dilakukan di luar situs website atau blog kita untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari, seperti membuat link building untuk memperoleh backlink (tautan balik) ke website atau blog kita, dan juga melakukan promosikan konten website atau blog kita di media sosial untuk meningkatkan traffic dan brand awareness.

Selanjutnya optimasi technical SEO yaitu kita harus melakukan hal-hal teknis untuk mempermudah search engine dalam menemukan, memahami, dan menampilkan website atau blog kita di peringkat tertinggi pada halaman pencarian dengan cara memasang Secure Socket Layer, Robort.txt, Canonicalization URL atau canonical tags, Status Code dan juga XML Sitemap.

Dengan melakukan berbagai upaya Search engine optimization (SEO) tersebut, maka diharapkan website atau blog kita bisa tampil paling atas pada saat dicari di mesin pencarian, sehingga website atau blog kita semakin banyak dikunjungi oleh pembaca.


Tips Membuat Video Stand Out di Sosial Media

Saat ini ada banyak sekali media sosial yang bisa kita nikmati, seperti Instagram, TikTok, Facebook, X (Twitter) dan lain sebagainya. Dimana kehadiran media sosial ini menjadi platform yang sangat populer untuk membagikan konten video, meskipun untuk membuat video yang menarik bagi penonton tidaklah semudah yang terlihat.

Dan pada acara Digital Creator Gathering 2024 yang diadakan oleh Sinar Mas Land ini, saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dibagikan oleh Mas Winarso Nugroho dan Mba Vibrie tentang bagaimana membuat video yang stand out di sosial media yang kita miliki.

Cara membuat video agar dinonton banyak orang
Mas Winarso dan Mba Vibrie membagikan tips membuat video agar stand out di sosial media

Seperti yang kita ketahui, bahwa di sosial media saat ini orang lebih senang menonton video dari pada membaca. Makanya, membuat video untuk media sosial bisa dibilang menjadi pilihan yang tepat, karena seperti yang diungkapkan juga oleh Mas Winarso Nugroho bahwa "99% pengguna internet di Indonesia menonton video secara online dan 77% diantaranya menonton VLOG".

Makanya, dengan melihat fakta ini, tentu menjadi kesempatan yang bagus bagi kita para digital kreator untuk semakin semangat membuat konten video. Namun untuk membuat video yang menarik dan tepat sasaran banyak hal yang harus kita pelajari.

Dan berikut ini beberapa tips yang dibagikan oleh Mas Winarso dan Mba Vibrie agar video yang kita buat semakin stand out di sosial media, yaitu sebagai berikut:
  • Memilih tema konten yang dimulai dari apa yang kita tahu dan kita sukai. Misalnya, jika kita suka jalan-jalan maka kita bisa jadi Travel Vlogger, jika kita suka makan maka kita bisa jadi Food Blogger, begitupun jika kita senang olahraga maka kita bisa jadi Healthy Living, jika kita suka nonton maka kita bisa jadi Movie Reviewer, jika kita senang Make up maka bisa jadi Beauty Vlogger dan lain sebagainya.
  • Kenali target audiens ini penting, karena audiens yang berbeda memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda pula. Dengan memahami demografi, behaviour, geografi dan psikologi target audiens kita, maka kita dapat membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi mereka, sehingga bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak penonton.
  • Buat konten yang informatif dan menghibur, karena pada dasarnya, orang ingin menonton video yang kita buat adalah untuk mendapatkan informasi baru, belajar sesuatu, atau untuk hiburan. Oleh karena itu, kita harus pastikan konten yang kita buat dapat memberikan nilai tambah bagi penonton.
  • Temukan winning content, setelah membuat berbagai jenis konten, selanjutnya kita harus mempelajari dan menganalisis konten mana yang paling banyak mendapatkan interaksi organik like, komen, share dan juga save. Lalu konten seperti itu bisa kita jadikan acuan dan ulangi elemen-elemen yang berhasilnya, kita bisa fokus pada jenis konten yang menghasilkan engagement tertinggi dan jangan lupa pin konten tersebut.
  • Menyusun storyline yang menarik, yaitu tentang panduan tertulis mengenai apa yang akan diucapkan atau dilakukan dalam konten yang kita buat, sehingga memberikan menggambarkan visual adegan demi adegan agar memudahkan proses syuting. Lalu kita juga harus belajar tingkatkan skill untuk menguasai teknis handphone atau kamera yang kita gunakan, serta mendownload aplikasi editing dan pelajari dengan baik cara menggunakannya. Selain itu, kita juga harus belajar membuat caption yang menarik dan jangan berhenti untuk terus mencari ide kreatif lainnya.
  • Kenali karakter platform sosial media yang kita gunakan, sebab setiap sosial media memiliki karakternya masing-masing dengan algoritma yang berbeda pula. Dengan memahami hal tersebut maka bisa membantu menentukan konten mana yang akan muncul di feed atau timeline pengguna sesuai preferensi dan relevansi platform tersebut. Contohnya, Instagram akan up video kita ke lebih banyak orang bila di awal posting terjadi interaksi, kita langsung membalas setiap komentar yang masuk.
  • Buat video dengan durasi singkat, yaitu berkisar 30-60 detik saja, terutama untuk platform seperti tiktok, instagram reels, dan youtube shorts. kita fokus pada pesan utama dan sampaikan secara langsung. video yang lebih singkat cenderung lebih sering ditonton sampai selesai sehingga mampu meningkatkan algoritma distribusi dan engagement pada video kita tersebut.
  • The Power of Storytelling ini sangat penting di tengah banjirnya konten di media sosial, karena storytelling dapat membantu membedakan video kita dari orang lain dan meningkatkan kemungkinan engagement. Dan biasanya, video yang menggunakan storytelling mampu menyentuh emosi audiens, baik itu dengan humor, inspirasi, atau keharuan sehingga bisa membuat pesan lebih relevan dan personal, yang pada akhirnya memperkuat hubungan kita dengan audiens. 
  • Perhatikan 3 detik pertama, karena hal ini menjadi penentu apakah penonton tertarik untuk melihat lebih lama atau tidak. Maka dari itu, kita harus bisa membuat awalan video dengan gambar, kalimat atau narasi yang menarik, sehingga bikin audiens penasaran untuk menonton video kita hingga selesai.
  • Tambahkan teks atau subtitle pada video, karena banyak orang yang menonton video tanpa suara, ada sekitar 65% video media sosial ditonton tanpa suara (digiday), jadi dengan adanya teks pada video dapat membantu penonton untuk memahami konten yang kita buat tanpa perlu mengaktifkan audio.
  • Buatlah thumbnail yang eye-catching dan informatif, kita sebaiknya gunakan gambar yang kontras, teks singkat, dan elemen visual yang membuat orang penasaran, karena thumbnail adalah kesan pertama yang audiens lihat, dan thumbnail yang menarik akan meningkatkan kemungkinan orang mengklik video yang kita buat tersebut.
  • Ajak audiens untuk berinteraksi di akhir video, misalnya dengan menambahkan call-to-action (cta) seperti "komentar di bawah!" atau "bagikan ini jika kamu setuju!", karena interaksi seperti komentar, like, dan share adalah indikator engagement yang disukai algoritma platform media sosial, sehingga membantu video kita untuk lebih banyak dilihat orang lain.
  • Ikut serta dalam tantangan atau tren viral yang sedang populer di platform tertentu (misalnya, tantangan tarian di Tiktok). Hal ini perlu dilakukan karena dengan kita ikut berpartisipasi dalam tren atau tantangan yang sudah populer akan bantu meningkatkan peluang video kita muncul di feed lebih banyak orang, karena algoritma mendukung konten yang relevan dengan tren saat ini.
  • Gunakan musik atau soundtrack yang sedang tren atau populer di platform tertentu. banyak platform seperti tiktok atau instagram reels memiliki algoritma yang mendukung video dengan musik populer. dengan kita menggunakan musik yang sedang naik daun ini, maka bisa meningkatkan visibilitas pada video yang kita buat, karena pengguna lebih mungkin berinteraksi dengan konten yang terasa akrab bagi mereka.
  • Gunakan hashtag yang sedang populer atau relevan dengan konten yang kita buat. Bahkan bila perlu, kita bisa melakukan riset hashtag untuk menemukan kata kunci yang paling efektif agar membantu video kita ditemukan oleh audiens yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas di feed pencarian atau halaman trending.
Selain memahami semua hal tersebut, kita juga harus memperhatikan beberapa elemen penting lainnya dalam pembuatan konten, terutama video, yaitu mulai dari kamera dan alat pendukungnya, lighting (pencahayaan), ukuran pengambilan gambar, komposisi pengambilan gambar, angle kamera yang tepat untuk mendapatkan pesan yang diinginkan, termasuk pergerakan kamera agar membuat video tampak lebih dinamis dan hindari pengambilan gambar yang blur dan miring.

Jujur semua tips yang dibagikan di atas benar-benar luar biasa bila kita benar-benar mampu menerapkannya. Untuk itu, mari kita terapkan berbagai tips tersebut, agar konten video yang kita buat bisa menjadi lebih stand out di media sosial. Ayo Semangat Berkarya! :)

Digital Creator Gathering
Acara Digital Creator Gathering 2024 sangat seru, semoga Sinar Mas Land nanti mengadakan lagi kegiatan serupa di lain kesempatan

Datang ke acara Digital Creator Gathering 2024 benar-benar luas biasa. Terima kasih saya ucapkan kepada para narasumber atas ilmu yang dibagikannya. Dan tentunya terima kasih banyak juga saya haturkan untuk Sinar Mas Land dan juga seluruh panitia karena sudah mengadakan acara Digital Creator Gathering 2024 seseru ini, sampai jumpa di acara menarik lainnya. 😊


16 comments:

  1. Waah lengkap banget ulasannya, baca tulisan ini jadi berasa ikut gathering juga. Terima kasih sharingnya Bang 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, semoga jadi ikut belajar juga dari tulisan ini :)

      Delete
  2. seru banget acara kemarin di BSD City. Aku suka sama materi cara bikin konten video. Sayang kemarin nggak ada kesempatan buat kita praktekin ya.

    ReplyDelete
  3. Optimasi SEO di blog ini nih selalu bikin berdebar, karena kadang inget ya menerapkan, alhamdulillah bisa ciamik artikel muncul di halaman yang bagus. Eh, tapi kadang suka lupa juga. Ciamik ini bahasannya

    ReplyDelete
  4. Sinar Mas Land kayak benar-benar mengonsep kota yang fresh dan ramah lingkungan gitu ya. Menarik banget nih acaranya. Banyak ilmu yang bisa kita serap dengan baik.

    ReplyDelete
  5. Keren banget acaranya ini. Bisa dapat banyak ilmu berkaitan dengan dunia konten kreator, baik bentuk tulisan maupun video. Bisa dapat pengetahuan juga tentang perkembangan dunia real estate, terutama yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. 8 Aspek pengembangan yang menunjukkan kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan yang asri dan nyaman

    ReplyDelete
  6. Makasih sharingnya awan, biarpun ga ikut tapi tercerahkan banget deh informasinya ☺

    ReplyDelete
  7. Wah seru sekali acaranya, Mas. Apalagi materinya juga keren. Dan Sinar Mas Land ini juga keren ya, Walau kawasan berkembang, tapi tetap menerapkan konsep hijau yang sangat menjaga lingkugan. Termasuk sudah adanya mesin pengelolah sampah.

    ReplyDelete
  8. Kalau udah ada nama Sinar Mas sih bakalan percaya deh. Ini buktinya, program terbaru Sinar Mas Land tentang Geen Initiative yang emang sekeren itu.

    ReplyDelete
  9. Beruntung banget bisa hadir di acara sebagus ini. Khususnya tentang approaching to social media. Kebetuhan para content creator bener itu sih. Ulasan di artikel ini pun lengkap banget. Seneng saya bacanya berulang kali. Mencoba memahami dan mencatat banyak bagian penting yang bermanfaat untuk apa yang saya kerjakan sekarang. Makasih banyak loh sudah berbagi ilmunya.

    ReplyDelete
  10. Banyak ya kegiatan acaranya, seru-seru banget! Sayang jauh dari tempat tinggal, kalau gak mau juga biar bisa dapat ilmu cara jadi content creator sekaligus blogger yang lebih maju.

    ReplyDelete
  11. Memiliki rumah di BSD jadi impian kalau gini ya mas, sudah strategis, fasilitas lengkap dan gitu lingkungan menerapkan zona green bikin nyama lingkungannya, seneng banget dpt insight yg banyak ya semakin keren nti videonya

    ReplyDelete
  12. Sinar Mas Land emang visioner ya?
    Paham bahwa masyarakat dunia membutuhkan hunian yang berkelanjutan agar bumi ini tetap terjaga, mereka menyediakan hunian dengan fasilitas terkait environmental sustainability
    Semoga hunian lain meniru ya?

    ReplyDelete
  13. Jadi keinget awal2 ada gedung di GOP dibangun, waktu itu naik ke rooftop-nya tanamannya masih baru ditanam gtu. Sekarang kyknya udah tumbuh rimbun yaa. GOP tu salah satu tempat favorit buat jalan kaki atau lari santai pas wiken pagi :D
    Seru banget nih acara gathering kreator kontennya ya.Bisa jadi ajang silaturahmi para pembuat konten dan upgrade ilmu soal perkontenan :D

    ReplyDelete
  14. Keren banget acara, ilmunya daging buat para digital creator bikin video yang stand out on social media, jadi tahu tehniknya.. owh Iyah green initiative Sina Mas Land juga keren banget 👍 , mupeng punya rumah di BSD City

    ReplyDelete
  15. Suka dapet notifikasi dari email kalau ada artikel blog yang ga keindex.
    Kalau minta indexing ulang, kaya kudu nunggu dulu. Huhuhu, sampek sekarang aku gak paham sama case seperti ini. Apa yang kudu diperbaiki, gitu yaa..?

    Asik banget acara gathering begini..
    Jadi tau mengenai perkembangan Sinar Mas Land dan projectnya juga ilmu mengenai konten kreator yang memang dibutuhkan untuk upskill.

    ReplyDelete