Sunday, August 11, 2024

Tips Meraih Jurusan & Kampus Impian Dengan Mudah


Beberapa bulan yang lalu, saya bertemu dengan sekelompok anak remaja, mereka merupakan para siswa kelas 3 SMA. Kebanyakan dari mereka tampak masih bingung ketika saya menanyakan akan ambil jurusan apa dan kampus mana yang menjadi incaran mereka untuk kuliah nantinya.

Hal ini mungkin tidak akan terjadi, jika para siswa sudah mengetahui dengan jelas apa yang menjadi minat, bakat dan cita-cita mereka. Kesadaran akan potensi dan passion diri tentu akan memudahkan kita untuk menentukan jurusan dan kampus yang tepat untuk kita mengenyam pendidikan nantinya.

Maka dari itu, sangat penting bagi para siswa sedini mungkin untuk menyadari apa yang menjadi minat dan bakatnya. Bahkan kini siswa bisa melakukan tes minat dan bakat terlebih dulu supaya bisa mengetahui secara jelas, kemana cita-citanya nanti akan diwujudkan.

Setelah itu, barulah kemudian kita mempersiapkan berbagai upaya lain untuk semakin memudahkan kita untuk masuk pada jurusan dan kampus incaran tersebut. Hal ini juga yang diungkapkan dalam webinar edukasi yang diadakan Sinotif pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024 kemarin.

Dengan mengusung tema “Tips Mengantarkan Anak Masuk Akmil, PTN dan Universitas Luar Negeri” webinar ini menghadirkan Ibu Annis Handayani sebagai narasumbernya dan dipandu oleh Mas Hafidz Noor sebagai moderator yang berlangsung seru selama sekitar satu jam, yaitu mulai jam 10.00 WIB – 11.00 WIB.

Tips Mengantarkan Anak Masuk Akmil, PTN dan Universitas Luar Negeri

Dalam acara ini, Ibu Annis Handayani yang merupakan orangtua siswa ini membagikan kisahnya seputar bagaimana cara beliau berhasil mengantarkan anak-anaknya masuk pada jurusan dan kampus impiannya masing-masing. Beliau memiliki tiga orang anak, dimana anaknya ada yang berhasil masuk Akmil, Akpol dan satu anaknya lagi diterima di 3 kampus ternama di dalam dan luar negeri.

Diungkapkan oleh beliau, bahwa untuk bisa berhasil mengantarkan anak-anak pada sekolah impiannya ini tentu bukan perkara yang mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan, terlebih bagaimana mendidik anak sejak dini untuk disiplin dan juga rajin belajar, serta memberikan kebebasan kepada anaknya untuk melakukan berbagai hal dan mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka pilih.

Begitupun saat anaknya menentukan jurusan dan kampus impiannya, orangtua hanya mendukung dan mengarahkan, agar apa yang dicita-citakan anaknya bisa terwujud. Dan berikut beberapa hal yang harus dilakukan, agar anak semakin mudah untuk masuk pada jurusan dan kampus impiannya. yaitu:

1. Menabung Prestasi
Saat memasuki kelas 10 (kelas 1 SMA), maka kita sudah harus mulai memperbanyak prestasi, baik akademik maupun non-akademik dengan mengumpulkan berbagai sertifikatnya sebanyak mungkin. Prestasi akademik dan non-akademik memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran proses masuk ke perguruan tinggi.

Prestasi akademik seperti nilai rapor yang tinggi, prestasi dalam ujian standar nasional, dan pencapaian dalam kompetisi akademik seperti olimpiade matematika atau fisika, adalah faktor yang sangat diperhatikan oleh perguruan tinggi dalam proses seleksi mahasiswa baru. Dengan prestasi akademik yang baik, maka kita dapat menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan akademik yang unggul dan siap untuk menghadapi tantangan akademik di perguruan tinggi.

Selain itu, prestasi non-akademik juga memiliki nilai yang tidak kalah penting dalam proses seleksi masuk ke perguruan tinggi. Prestasi non-akademik seperti prestasi dalam bidang olahraga, seni, kepemimpinan, atau kegiatan sosial yang dapat menunjukkan bahwa kita memiliki kepribadian yang mandiri, kreatif, dan berkomitmen dalam mengembangkan dirinya di luar ruang kelas.

Nah, dengan kombinasi antara prestasi akademik dan non-akademik ini, tentu akan menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa dalam proses seleksi masuk ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan antara prestasi akademik dan non-akademik dalam perjalanan pendidikannya, agar memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di perguruan tinggi impian.


2. Menabung Organisasi
Mengikuti organisasi di sekolah ataupun di luar sekolah sangat penting dilakukan, karena terlibat dalam organisasi memiliki banyak manfaatnya. Maka selama di sekolah, jangan ragu untuk ikut dalam organisasi apapun yang disukai, begitupun di luar sekolah, bisa gabung dalam organisasi apapun, seperti pecinta hewan, remaja masjid, karang taruna, cinta olahraga, dan lain sebagainya sesuai kesukaan kita.

Saat kita mengikuti organisasi seperti ini akan memberikan banyak manfaat, seperti memberi kita kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru dan memperluas jaringan pertemanan yang semakin luas. Hal ini dapat membantu kita dalam mencari informasi mengenai perkuliahan, beasiswa, serta kesempatan-kesempatan lain yang dapat mendukung proses pendaftaran ke perguruan tinggi.

Selain itu, bergabung dalam organisasi membuat kita bisa mengembangkan berbagai keterampilan, mulai dari kepemimpinan, keterampilan komunikasi, keterampilan sosial, dan juga belajar untuk beradaptasi dengan berbagai macam situasi dan orang-orang yang berbeda, sehingga hal ini akan sangat berguna ketika kita masuk ke lingkungan perguruan tinggi nanti, kita jadi mudah bergaul dan berinteraksi dengan mahasiswa dan dosen.


3. Menabung Informasi
Setelah kita mengetahui ingin ambil jurusan apa dan berkuliah dimana. Maka selanjutnya, kita harus melakukan riset tentang jurusan dan kampus impian tersebut dengan detail. Kita cari informasi sebanyak mungkin tentang persyaratan dan ketentuan daftar, administrasinya bagaimana, kapan pendaftaran biasanya dibuka, hingga tes apa saja yang akan dilakukan ketika masuk pada jurusan dan kampus tersebut.

Selain itu, kita juga sebaiknya mencari tahu lebih jelas tentang seperti apa kurikulum, fasilitas, pengajar, dan juga seperti apa pengalaman alumni dari jurusan dan kampus tersebut. Semakin banyak informasi yang kita dapatkan, tentu ini semakin bagus agar kita tidak salah memilih jurusan dan kampus impian.

Selain itu, yang tak kalah penting, kita juga harus mempertimbangkan faktor finansial saat memilih jurusan dan kampus impian. Pastikan bahwa biaya pendidikan yang dikeluarkan sesuai dengan budget yang kita miliki. Jika perlu, cari informasi tentang beasiswa atau program pengelolaan keuangan yang ditawarkan oleh kampus tersebut, agar kita bisa semakin hemat dalam hal keuangan.


4. Persiapkan diri dengan baik
Untuk bisa masuk ke jurusan dan kampus impian, kita wajib untuk persiapkan diri dengan baik. Pelajari soal-soal ujian masuk, persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, dan jangan lupa lakukan persiapan fisik dan mental untuk menghadapi proses seleksi maupun ujian masuk yang mungkin akan dihadapi.

Terlebih bagi kita yang ingin menempuh pendidikan pada Akpol, Akmil dan sejenisnya, maka ada persyaratan fisik yang harus dipenuhi. Untuk itu, selain menjaga pola makan yang sehat, kita juga harus rajin olahraga secara teratur untuk mendapatkan tubuh yang juga ideal, karena ada persyaratan tinggi dan berat badan yang kerap harus dipenuhi agar bisa lolos.


5. Ikut Bimbingan Belajar
Selain mendapatkan pelajaran di sekolah, maka kita juga sebaiknya mengikuti bimbingan belajar (bimbel) di luar sekolah untuk semakin menggali potensi berupa bakat, minat, kecerdasan, dan juga cita-cita yang ingin kita gapai, agar semakin mudah untuk masuk pada jurusan dan kampus impian.

Dan salah satu tempat bimbingan belajar yang bisa menjadi pilihan adalah Sinotif, karena tempat bimbel yang satu ini memberikan layanan belajar secara virtual, live dan interaktif, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan siswa dalam melakukan proses belajar yang semakin efisien, terutama untuk bimbel matematika, fisika dan kimia.

Hadir dengan learning method yang terarah dan terukur serta didukung oleh empat jenis kelas (Silver, Gold, Platinum, dan Diamond) sehingga siswa jadi lebih mudah untuk memahami dan menguasai mata pelajaran eksakta (matematika, fisika dan kimia) dengan cara belajar yang menyenangkan.


Selain itu, ada beberapa keunggulan yang menjadi alasan utama kenapa harus memilih bimbel Sinotif ini, yaitu:
  • Orangtua tenang dan siswa bebas stress dari kesulitan pelajaran eksakta, karena sudah ditangani oleh para guru yang ahli dan spesialis di bidangnya.
  • Guru fulltime dan spesialis sehingga tidak ada resiko penggantian guru. Bahkan guru selalu ditraining dan bisa pantau perkembangan siswa.
  • Pengajaran personalized, yaitu menyesuaikan dengan kebutuhan, standar sekolah, dan karakter siswa.
  • Belajar dari rumah dengan tatap muka online live interaktif sehingga siswa lebih nyaman belajar dari rumah, hemat waktu dan tenaga.
  • Pengalaman 24 tahun spesialis matematika, fisika dan kimia dalam membantu siswa meningkatkan nilai mereka, sehingga anak menjadi semakin percaya diri.
Dan untuk para siswa atau orangtua yang ingin tahu lebih jelas terkait bimbel Sinotif ini, maka bisa membuka websitenya di www.sinotif.com atau bisa juga follow instagramnya Sinotif yaitu @sinotif.official untuk mendapatkan update terbaru seputar program, promo dan juga kegiatan yang ada di Sinotif ini.

BACA JUGA: Hadapi Ujian IB Diploma Dengan Percaya Diri Bersama Sinotif

Selain itu, dalam menggapai jurusan dan perguruan tinggi impian ini, kita wajib untuk selalu berusaha keras, jangan mudah menyerah dan pastinya harus juga banyak berdoa agar kita semakin mudah untuk masuk pada jurusan dan kampus impian ini. Namun, jika ada hambatan atau kegagalan di tengah jalan, jangan pantang menyerah, kita harus tetap semangat dan terus berusaha lagi, hingga akhirnya kita berhasil masuk ke jurusan dan kampus yang kita dambakan. 

Ingat, kesuksesan akan datang kepada orang yang sibuk mencarinya, bukan kepada orang yang hanya berdiam diri. 😊

No comments:

Post a Comment