Wednesday, June 12, 2024

Laju Indibiz Bersama Hadirnya 3 Ekosistem Solusi Digital Terbaru


Laju informasi dan teknologi digital dapat dirasakan begitu pesat. Sampai-sampai, Indibiz mengumumkan hadirnya 3 ekosistem solusi digital terbaru bagi para pelaku UKM. Di zaman yang serba digital ini, perkembangan arus informasi benar-benar melaju begitu pesat. Hampir setiap saat informasi baru terus lahir dengan beragam topik yang berbeda-beda. Maka dari itu, kita sebagai pelaku digital creative wajib banget untuk selalu mengikuti berbagai berita terbaru, termasuk berita terbaru di dunia UKM yang ada agar tidak ketinggalan informasi.

Dan salah satu berita terbaru yang membuat saya ikut gembira saat ini adalah datang dari Indibiz. Mulai bulan Juni tahun 2024 ini, inovasi layanan dari Telkom untuk pelaku UKM ini telah menambah lini bisnis terbarunya demi membantu UKM di Indonesia semakin maju lagi.

Menurut saya, hal yang dilakukan oleh Indibiz ini merupakan sebuah gebrakan yang luar biasa menarik, mengingat dalam dunia bisnis yang terus berkembang pesat, inovasi dan adaptasi menjadi kunci utama untuk memenangkan persaingan. Terlebih di tengah dinamika pasar yang semakin kompleks seperti sekarang ini.

Indibiz Resmi Hadirkan 3 Inovasi Solusi Digital Terbaru

Bukan inovasi namanya jika hanya diam menunggu hal yang diharapkan akan datang. Sebagai salah satu pelopor ekosistem solusi digital yang inovatif, Indibiz telah berhasil menciptakan inovasi yang memudahkan para pelaku usaha atau UKM dalam mengelola bisnis mereka. Dengan berbagai pilar strategis yang disediakan, seperti solusi platform dan layanan digital, kolaborasi dengan start-up dan developer, solusi pembiayaan, serta kolaborasi dengan komunitas dunia usaha, Indibiz memberikan ragam solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Tak berhenti di situ saja, seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar yang terus berubah, mulai bulan Juni ini, pelaku usaha dapat menyaksikan hadirnya inovasi terbaru milik Indibiz yang merambah ke lini usaha yang makin luas.


Sektor bisnis yang dimaksud adalah sektor kesehatan melalui Indibiz Health, sektor energi melalui Indibiz Energi dan sektor logistis melalui Indibiz Ekspedisi. Saya melihat perkembangan terkini tersebut memberikan angin segar bagi pelaku usaha di bidang kesehatan, energi dan ekspedisi untuk membantu usaha mereka agar bisa semakin maju lagi.

Dan tentunya, kehadiran ketiga sektor bisnis baru dari Indibiz ini sekaligus untuk semakin melengkapi empat sektor ekosistem bisnis yang telah digarap Indibiz sebelumnya, yaitu: Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel dan Indibiz Multifinance. Total kini ada 7 (tujuh) sektor, atau “island” yang digarap oleh layanan tersebut.

Menurut VP Enterprise Business Orchestration Telkom, Bapak Tanto Suratno, yang saya baca di Rakyat Merdeka hari ini, kehadiran Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi ini menjadi pelengkap dari ekosistem Indibiz yang dapat dimanfaatkan untuk para pebisnis di sektor kesehatan, energi dan ekspedisi.

“Kehadiran Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi semakin memperkokoh posisi Telkom yang kini tengah fokus menggarap pasar business to business (B2B), khususnya para pelaku usaha di sektor kesehatan, energi dan logistik yang ada di penjuru Indonesia,” Ujar Bapak Tanto, sebagaimana yang saya baca.

Saya bisa katakan bahwa dengan ditambahnya ketiga sektor bisnis baru ini nantinya akan benar-benar membantu para pelaku usaha di sektor kesehatan, energi dan logistik untuk bisa terus berkembang di tengah persaingan yang ada.

Mengenal 3 lini bisnis terbaru dari Indibiz

Seperti yang disinggung di atas, bahwa kini telah hadir 3 lini bisnis terbaru dari Indibiz yaitu Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi. Dimana kehadiran ketiganya tentu menjadi sebuah gebrakan yang cerdas untuk semakin memperkuat ekosistem solusi digital yang telah Indibiz hadirkan sebelumnya.


Saya sangat percaya bahwa hal ini dapat membantu untuk kemajuan dan keberlanjutan bisnis khususnya pelaku UKM yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

1. Indibiz Health
Kehadiran Indibiz Health dengan salah satu produknya yaitu Healthical yang dirancang agar dapat menjadi solusi digital untuk menyuguhkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) terpadu untuk fasilitas kesehatan (Rumah Sakit, Klinik dan Puskesmas).

Adanya Healthical ini ternyata dapat mewujudkan kemudahan, kecepatan dan pengembangan layanan di setiap fasilitas kesehatan yang sudah memenuhi standar SATUSEHAT Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sesuai Health Level Seven International.

Makanya, bisa saya bilang bahwa solusi digital yang Indibiz Health hadirkan ini benar-benar sangat tepat untuk para pelaku usaha di sektor kesehatan, seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik dan praktik dokter. Indibiz Energi sangat tepat untuk segmen layanan penyedia air, sedangkan Indibiz Ekspedisi sangat tepat untuk pelaku bisnis di segmen logistik, kargo dan transportasi.


2. Indibiz Energi
Indibiz Energi ini menghadirkan solusi digital berupa Smart Water Meter, yang memungkinkan pencatatan penggunaan air secara real-time lebih mudah dan mampu mengintegrasikan produk digital untuk kontrol yang efektif dan real-time.

Tentu hal ini tentu akan membawa perubahan yang bagus di bidang energi, terlebih karena sudah didukung oleh infrastruktur yang tersebar ke seluruh negeri dan layanan customer service secara digital, maka Indibiz Energi siap membantu bisnis di sektor energi untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka.


3. Inidibiz Ekspedisi
Indibiz Ekspedisi ini akan menghadirkan solusi digital melalui Antares Fleet Management solusi layanan terbaik untuk meningkatkan produktivitas dan visibilitas kegiatan operasional perusahaan. Khususnya untuk melakukan monitoring logistik. Beberapa perusahaan yang telah disolusikan dan dilakukan pendekatan, sangat bervariasi mulai dari perusahaan Pertambangan, Pertanian, Niaga, dan Perusahaan Ekspedisi. Melalui Layanan yang ditawarkan, Perusahaan dapat melakukan tracking dalam armada yang dimiliki, seperti Armada truk, atau kapal yang ada di pelabuhan.


***

Nah, setelah kita melihat tujuan atas hadirnya ketiga sektor baru ini, ternyata tidak hanya memperkuat posisi Indibiz sebagai ekosistem solusi digital saja, tetapi juga memberikan peluang baru bagi para pelaku usaha, khususnya pelaku UKM, untuk terus berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif ini.

Dengan fokus pada pasar business to business (B2B) maka kehadiran Indibiz Health, Indibiz Energi, dan Indibiz Ekspedisi akan menjadi tambahan yang berarti dalam mendukung pertumbuhan bisnis di sektor kesehatan, energi, dan logistik di seluruh Indonesia.

Dalam upaya untuk terus memperluas ekosistem solusi digitalnya, Indibiz juga memiliki rencana untuk menambahkan sektor bisnis lain ke dalam platformnya. Dengan komitmen untuk membantu para pelaku usaha agar dapat memanfaatkan potensi digital secara maksimal, Indibiz terus berupaya untuk memberikan solusi yang inovatif dan efisien bagi berbagai sektor bisnis.

Dari sini kita bisa melihat, bahwa bagi Indibiz, "ciptakan peluang, wujudkan harapan" bukan sekadar tagline, melainkan sebuah semangat untuk terus mendukung akselerasi digital pelaku usaha di Indonesia. Dengan visi yang jelas dan komitmen yang kuat, Indibiz siap menjadi mitra terpercaya bagi para pelaku usaha dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital ini.

Dengan demikian, melalui ekosistem solusi digital yang komprehensif dan inovatif, Indibiz telah membuka pintu bagi para pelaku usaha untuk meraih kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan di masa yang akan datang.

Untuk itu, mari semua pelaku usaha atau UKM bergabung dalam perjalanan digital ini bersama Indibiz, mari manfaatkan kesempatan yang bagus ini untuk membuka peluang baru, agar harapan bisnis kita dapat terwujud dengan dukungan teknologi yang canggih dan kolaborasi yang produktif dari Indibiz ini.


18 comments:

  1. Pelaku usaha atau UKM sekarang sudah banyak terbantu untuk kelancaran bisnisnya.
    Terlebih saat ini semua serba digital dan memang harus mengikuti arus kalau ngga mau ketinggalan.
    Terbukti pasar2 sekarang yang ngga ikut pemasaran digital banyak yang tutup. Sedih...

    ReplyDelete
  2. Di era digital seperti sekarang ini memang penting kolaborasi dilakukan. Bersyukur ada Indibiz yang memudahkannya, dan menjadi jembatan untuk pelaku usaha makin berkembang

    ReplyDelete
  3. Di era digital seperti sekarang ini memang penting kolaborasi dilakukan. Bersyukur ada Indibiz yang memudahkannya, dan menjadi jembatan untuk pelaku usaha makin berkembang

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah saat ini sudah ada indibiz yg memiliki tiga kategori ekosistem yang bisa membantu dalam pengembangan bisnis digital para pelaku bisnis UKM/UMKM, sehingga bisa memperoleh hasil dan target pasar yang luas. Semoga terus maju dan sukses untuk indibiz.

    ReplyDelete
  5. Bagus sekali terobosan dari Indibiz ini. hadirnya Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi, pastinya akan sangat membantu pelaku bisnis dan UKM.

    ReplyDelete
  6. Aku kurang mengerti tentang Indibiz Energi itu Kak. Apakah terintegrasi dengan meteran PAM di rumah? Bagus sih kalau gitu. Soalnya yg aku lihat, sekarang petugas PAM yang mencatat manual pemakaian air dengan mencek meteran. Itupun tiap 3 bulanan, lalu dirata-rata gitu...Hehe...Bingung kaaan...

    ReplyDelete
  7. Bagus banget nih dengan Indibiz, para pelaku UMKM bisa berkolaborasi dan menjemput kesuksesan bersama.
    Selalu senang kalau liat bisnis-bisnis yang bermunculan dengan target membantu UMKM berkembang dengan lebih baik

    ReplyDelete
  8. Nah, sekarang apapun semakin serba digital. Sayang banget nih kalau pelaku UKM tidak memanfaatkan secara maksimal. Indibiz sudah memberikan terobosannya.

    ReplyDelete
  9. Nah, kan sekarang apapun udah serba digital. Sayang banget kalau UKM belum memanfaatkan secara maksimal. Indibiz sudah melakukan terobosan untuk membantu UKM.

    ReplyDelete
  10. Sebagai pelanggan Telkom saya senang banget sekarang udah ada layanan Indibiz.
    Para UMKM pasti lebih senang kalau mulai bulan Juni tahun 2024 ini, bakalan ada inovasi layanan dari Telkom untuk pelaku UKM.

    Semoga dengan menambah lini bisnis terbarunya demi membantu UKM di Indonesia semakin maju lagi ini membawa keuntungan juga untuk perusahaan

    ReplyDelete
  11. Kolaborasi antara indibiz dan pelaku UKM akan membuat dunia bisnis jadi semakin berkembang dengan begini maka laju perekonomian akan bergerak naik.

    ReplyDelete
  12. Jaman sekarang korporasi harus rajib berinovasi. Salut untuk Indibiz punya banyak sekali inovasi seperti di jelaskan di atas.

    ReplyDelete
  13. Telkom mempertegas fungsinya untuk melayani masyarakat ya?
    Gak hanya membangun jaringan di kawasan 3 T
    juga menghadirkan Indibiz untuk membantu para pelaku UMKM

    ReplyDelete
  14. Wah keren banget Telkom yang memiki gebrakan baru di 7 sektor penting kehidupan. Semoga semakin berjaya dalam menggandeng UMKM negeri.

    ReplyDelete
  15. Selalu semangat melihat banyak sektor bisnis melakukan inovasi yang bermanfaat untuk publik. Semoga dengan kehadiran Indibiz dengan ketiga digital improvementnya, membuat kehidupan dan perkembangan dunia digital di tanah air semakin baik. Apalagi ini bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi UMKM di tanah air.

    ReplyDelete
  16. Bagus nih kayaknya Indibiz energi, bisa memantau penggunaan sumber daya yang dimiliki.
    Ternyata sudah banyak juga ekosistemnya Indibiz ini ya, sudah ada 4 sebelumnya, dan kini bertambah 3. Semoga makin banyak pelaku bisnis/UKM yang mengenal dan memanfaatkannya

    ReplyDelete
  17. Wah, mantap ini
    Zaman sekarang itu emang baiknya kolaborasi ya
    Biar makin mantap, seperti apa yang dilakukan Indibiz ini

    ReplyDelete
  18. Senang deh bisa melihat banyak industri yang care dengan perkembangan UMKM jadi perkeonomian juga ikutan bangkir bersama2 ya

    ReplyDelete