Di masa sekarang ini, traveling
sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian banyak orang. Makanya, tidak
heran, kini tak sedikit orang yang selalu menyempatkan dirinya untuk pergi berlibur
di antara sederetan aktivitasnya yang padat.
Ya, liburan kini sudah masuk
dalam bagian agenda rutin yang wajib dilakukan oleh banyak orang, karena
berlibur sudah menjadi kebutuhan, bahkan tak sedikit orang sudah membuat
wishlist khusus terkait beberapa destinasi wisata wajib yang akan dikunjunginya
dalam rentang waktu tertentu.
Tingginya minat berlibur masyarakat
sekarang ini sejalan dengan hadirnya berbagai kemudahan akomodasi yang
mendukung pariwisata yang ada. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang
dilakukan oleh Sivadasan pada tahun 2015 yang lalu, bahwa akomodasi merupakan
komponen penting dalam industri pariwisata.
Makanya tak heran, kini prospek
pariwisata di Indonesia pun terus meningkat, bahkan indeks daya saing
pariwisata menurut World Economic Forum menunjukan Indonesia menduduki
peringklat ke 42 dari 136 negera di dunia.
Melihat hal ini, maka sektor
pariwisata tanah air seperti mendapatkan angin segar. Untuk itu, pada tahun
2019 ini, pemerintah pun menargetkan akan menyumbang 15 persen dari PBD karena
melihat pariwisata Indonesia memiliki peluang yang bagus di sektor pariwisata
ini.
Hal ini tentu saja tidak lepas
dari dukungan era teknologi yang terus berkembang saat ini. Dimana kini kemudahan
pun hadir ditawarkan oleh berbagai start-up dengan menyediakan akomodasi yang
akan mendukung perkembangan pariwisata tanah air semakin berkembang. Dan salah
satu start-up tersebut adalah Airy.
Untuk itu, kemarin (03/07/2019) Airy bersama Katadata Indonesia menggelar acara bertajuk “Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah”
yang diadakan di Balai Kartini – Jakarta Selatan.
Namun sebelumnya, acara terlebih dahulu dibuka dengan
penyampaian kata sambutan oleh Bapak
Danny Handoko selaku Chief Executive Officer Airy Indonesia yang
menjelaskan tentang komitmen Airy Indonesia sebagai virtual hotel operator dalam
meningkatkan pengelolaan kamar-kamar hotel yang berkualitas.
Dimana saat ini, jaringana Airy
sudah tersebar di lebih dari 90 kota di seluruh Indonesia yang tercipta dengan
cara bermitra dan membantu pemilik hotel untuk mengelola dan meningkatkan
penjualan kamar hotel terutama di kelas smart budget hotel yang berjumlah lebih
dari 16.000 kamar dan lebih dari 1.000 properti.
Kehadiran Airy yang tersebar di
seluruh Indonesia ini turut memberdayakan masyarakat sekitar sebagai tenaga
kerja lokal meskipun mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang
perhotelan, namun mereka terlebih dahulu dibina melalui pelatihan kerja bersama
Airy Community.
Ibu Stevany menjelaskan tentang riset yang dilakukan terhadap Airy |
Dimana riset yang dilakukan oleh
Katadata inu menggunakan mix methods kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan
dengan mewawancarai para pemilik hotel Airy, karyawan, pelanggan dan masyarakat
sekitar hotel secara mendalam di 4 kota di Indonesia, dimana 2 di antaranya
merupakan 10 destinasi wisata Bali baru. Dan riset ini pun, turut didukung oleh
berbagai data sekunder dari berbagai sumber terpercaya.
Dari hasil riset ini peran Airy
ternyata tak semata hanya sebagai smart budget hotel yang mengedepankan
teknologi, namun Airy juga melakukan upgrading skill untuk karyawan-karyawan di
jaringan Airy. Diharapkan dengan pemberdayaan dan penyerapan tenaga kerja di jaringan
Airy yang tersebar di seluruh Indonesia ini, diharapkan mampu membantu menekan
tingkat pengangguran di Indonesia.
Selain itu, Airy juga
menghadirkan hotel technology support berupa Kios Ckeck-in Mandiri yang
memudahkan konsumen dalam melakukan check-in, bahkan diklaim 4 kali lebih cepat
saat melakukan check-in loh.
Maka dengan demikian, Airy
sebagai virtual hotel operator benar-benar memaksimalkan penggunaan digital
platform dalam pemberdayaan akomodasi lokal. Dan sebagai start-up di bidang
jasa hospitality, kini rata-rata keterisian kamar Airy mencapai 60%-70% per
bulan.
Nah, sebagai salah satu virtual
hotel operator yang menyediakan budget hotel, Airy memberikan harga kamar yang
terjangkau yang bisa kita pilih, yaitu ada kategori Ultra budget yaitu kamar
dengan harga kurang dari Rp. 250.000, atau ada juga kategori Budget dengan
harga kamar Rp. 250.000 – Rp. 500.000.
Dengan harga tersebut, Airy
memberikan berbagai fasilitas yang akan memberikan kita kenyamanan dengan
menyediakan wifi gratis, AC (Air Conditioner), Tempat tidur bersih,
Perlengkapan mandi, Air minum gratis, TV layar datar dan Air hangat.
Peningkatan yang diberikan Airy bukan
hanya dari sisi teknologi saja, tetapi Airy sebagai hotel lokal dengan jaringan
terbesar di Indonesia juga memberikan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan
kapasitas tenaga kerja melalui Airy Community.
Penyerhan Plakat Kenang-Kenangan dari Bapak Danny Handoko -
Chief Executive Officer Airy Indonesia kepada Bapak Khairul Anwar – Sekjen Kementerian
Ketenagakerjaan
|
Dimana melalui Airy Community
ini, para peserta yang mengikuti pelatihan didominasi oleh masyarakat lokal setempat,
bahkan terbuka untuk mereka-mereka yang tidak memiliki latarbelakang pendidikan
dan keterampilan di bidang perhotelan.
Dengan demikian, Airy telah
membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal dengan berbagai latar belakang dan
juga jenjang pendidikan mulai dari tamatan SD sampai Sarjana sehingga dengan
cara ini, Airy telah turut mengurangi jumlah pengangguran yang ada.
Hingga saat ini, Airy sudah
melakukan pelatihan di berbagai kota di seluruh Indonesia, dan pada tahun 2019
ini, Airy pun memiliki target akan memberikan pelatihan bagi sebanyak 4.000
peserta di 13 kota di seluruh Indonesia.
Jadi kini, jika kita mau
traveling di seluruh penjuru Indonesia, maka kita bisa memilih Airy sebagai
tempat menginapnya, apalagi kini pemesanan kamar di Airy sudah semakin praktis
karena bisa dipesan secara online kapanpun dan dari manapun.
Selamat kepada 3 Mitra Property Terbaik Airy tahun 2018 |
- Best Service Excellent - Hotel dengan nilai keluhan terendah dari ulasan para tamu selama 2018/2019 - Mitra Liv Hotel Jakarta
- Best Rooms Fasility and Service Quality - Hotel dengan nilai fasilitas kamar dan pelayanan tertinggi dari ulasan para tamu selama 2018/2019 – Jakarta – Mitra Resident 6 Jakarta
- Best Service Quality Improvement - Hotel dengan nilai peningkatan kualitas pelayanan tertinggi – Mitra Hotel Poncowinatan Jogjakarta
Selamat buat para pemenang,
semoga kemenangan ini bisa memacu diri untuk terus memberikan pelayanan
terbaiknya. Dan buat para mitra Airy yang belum memang, semoga adanya
penghargaan ini memacu para mitra lain untuk terus meningkatkan kualitas
pelayanannya sehingga pada tahun depan bisa meraih penghargaan seperti saat
ini.
No comments:
Post a Comment