Tak pernah terpikirkan oleh saya
untuk bertandang ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) ini
sebelum-sebelumnya, hingga akhirnya kemarin (27/02/19) langkah kaki saya sampai juga si
sini. Gedung yang selama ini hanya bisa saya pandangi dari luar saat melintas
saja, kini akhirnya benar-benar bisa juga saya jejaki.
Saat memasuki gerbang gedung ini,
mata saya langsung disuguhkan dengan bangku taman yang teduh oleh rimbunan
pohon yang menghijau, kicau burung bersahutan terdengar jelas saat langkah kaki
saya melangkah menuju ruang Aula Serbaguna di Gedung Menteri Pekerjaan Umum dan
Perumahaan Rakyat (PUPR) ini.
Sungguh suasana yang sangat sejuk
dan asri, berbagai sudut terlihat tertata dengan sangat rapi, banyak sekali tempat
yang bisa dijadikan spot foto yang indah di sini, namun sayangnya saya tak
sempat lagi untuk mengabadikan semua pemandangan ini, lantaran waktu sudah
memburu langkah saya untuk segera bergegas.
Dan benar saja, saat sampai di ruang
Aula Serbaguna lantai 1 Gedung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR)
tempat berlangsungnya pameran PUPR 4.0 Expo, kerumuman orang sudah terlihat,
mayoritas memang dipenuhi oleh para pegawai PUPR yang mengenakan seragam putih.
Mereka tampak antusias memenuhi beberapa booth pameran yang ada.
Suasana di acara pameran PUPR 4.0 Expo tampak ramai di belakang saya |
Selain ada pameran tersebut, di
sini juga diselenggarakan talkshow yang bertajuk “Pemanfaatan Teknologi
Informasi dalam Peningkatan Penyelenggaraan SPAM di Era Revolusi Industri 4.0”
yang dibagi dalam dua sesi. Dimana sesi pertama membahas tentang “Edukasi
Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) di Era Industri 4.0” dan di
sesi keduanya membahas tentang “Wujudkan
Revolusi Industri 4.0 melalui Aplikasi Manajemen Aset SPAM”.
Ya, kehadiran pameran PUPR 4.0
Expo dan talkshow ini merupakan bagian dari sosialisasi terkait Pemanfaatan teknologi
Informasi dalam Peningkatan Penyelenggaraan SPAM di Era Revolusi Industri 4.0 yang
kini sudah dilakukan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum (BPPSPAM).
Hal ini dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi informasi
dan kamunikasi yang sekarang ini terus berkembang pesat, tak terkecuali di negara
kita. Dan hal ini turut membuat BPPSPAM terpacu untuk melakukan berbagai inovasi
dengan menghadirkan berbagai produk teknologi yang akan bermanfaat untuk
memudahkan segala hal menjadi jauh lebih praktis dan fleksibel.
Beberapa Booth yang ada di pameran PUPR 4.0 Expo yang saya potret saat suasana sepi karena lagi jam istirahat |
Dan memasuki revolusi industri
4.0 yang saat ini merupakan tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi
otomatisasi dengan technology cyber. Dimana pada industri 4.0 ini, teknologi manufaktur sudah masuk pada
tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik,
internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif.
Hadirnya tren ini akan mengubah
banyak sisi kehidupan manusia, karena kehadiran revolusi industri 4.0
menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai kehidupan
manusia termasuk untuk Peningkatan Penyelenggaraan SPAM (Sistem Penyediaan Air
Minum) di Indonesia.
Ya, kehadiran transformasi
teknologi ini telah membawa Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedia
Air Minum (BPPSPAM) dalam menjalankan tugas dan fungsinya menjadi lebih
meningkat lagi, terutama dalam penyelenggraan SPAM dalam hal sistem informasi
teknologi komunikasi yang mengedepankan layanan berbasis internet.
Para narasumber talkshow pertama dengan mebicara (Kiri - Kanan): - Ibu Irina - Bapak Taufik - MC |
Hal ini juga diungkapkan oleh Ibu
Irina bahwa BPPSPAM sangat fokus pada peningkatan kinerja penyelenggaraan SPAM
di Indonesia. Hal ini dilakukan agar tidak tertinggal dengan pesatnya
perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang saat ini dan sudah
mencapai industri 4.0.
Jadi, saat ini BPPSPAM telah
memanfaatkan informasi teknologi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk
meningkatkan kinerja pelayanan air minum kepada masyarakat. Sebab BPPSPAM sadar
bahwa air minum tidak hanya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
industri, tetapi juga merupakan tolak ukur kesehatan masyarakat. Sebab dengan
adanya pelayanan air minum yang berkualitas, maka kualitas kesehatan masyarakat
juga terjaga.
Dan saat ini, BPPSPAM telah
membuat beberapa aplikasi yang dapat membantu atau memfasilitasi PDAM dalam
mengelola dan mengevaluasi data untuk meningkatkan kinerjanya. Beberapa aplikasi
tersebut di antaranya:
Aplikasi Manajemen Aset
Aplikasi Manajemen Aset adalah
aplikasi untuk mengolah data informasi aset penyediaan air minum, dan saat ini
sudah dimanfaatkan oleh lebih dari 14 PDAM sehingga dapat mengelola asetnya
secara efektif dan efisien untuk memberikan pelayanan air minum yang memenuhi
prinsip kualitas, kuantitas dan kontinuitas.
Dimana diakui oleh Bapak Taufik
selaku Kasubag Tata Usaha BPPSPAM bahwa aplikasi managemen aset ini tercetus
karena beggitu banyaknya aset yang dimiliki oleh BPPSPAM sehingga mereka
mengalami kesulitan saat ingin mengetahuui infomasi mengenai aset yang mereka
miliki.
Maka kini dengan adanya Aplikasi
Managemen Aset ini, maka ada tiga manfaat yang bisa dirasakan, yaitu:
Mengurangi biaya siklus sehingga bisa fokus pada pemanfaatan sumber daya yang
ada, penggunaan setiap biaya dengan lebih bermanfaat, dan memudahkan
pengambilan keputasan menjadi lebih baik.
Senada dengan itu, diakui oleh
Bapak Budi bahwa manfaat Manajemen Aset ini banyak sekali, diantaranya:
- Meningkatkan efisiensi kegiatan pemeliharaan yang direncanakan dan mengurangi yang tidak direncanakan
- Menjaga nilai, kondisi, dan kinerja aset (produktivitas tinggi)
- Mengurangi kegagalan fungsi aset,
- Mengurangi pemborosan dalam investasi aset baru,
- Mengurangi biaya operasional, khususnya untukpengeluaran yang tidak terduga
- Memudahkan pengelolaan anggaran, serta meningkatkan layanan pada pelanggan.
Hal ini yang diakui oleh Bapak Kholik dari PDAM Kota Depok dan Bapak Agung dari PDAM Kota Malang, bahwa kehadiran manajemen aset sangat penting untuk untuk karena ini merupakan salah satu cara meningkatkan kinerja PDAM supaya bisa lebih baik lagi.
Dan diakui oleh Bapak Agung bahwa kehadiran aplikasi manajemen aset ini memudahnya untuk melihat proses monitoring aset, gambar aset, kondisi aset, status aset, lokasi aset dan keterangan aset hanya dalam genggaman sehingga bisa diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja.
Selain itu, kehadiran Manajemen Aset diperlukan agar permintaan akan pelayanan penyediaan air minum terus meningkat, sumber daya terbatas, usia aset fisik semakin tua, efisiensi SPAM semakin menurun, penolakan terhadap kenaikan tarif air minum akibat pelayanan yang buruk, dan lain sebagainya.
Dan diakui oleh Bapak Agung bahwa kehadiran aplikasi manajemen aset ini memudahnya untuk melihat proses monitoring aset, gambar aset, kondisi aset, status aset, lokasi aset dan keterangan aset hanya dalam genggaman sehingga bisa diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja.
Selain itu, kehadiran Manajemen Aset diperlukan agar permintaan akan pelayanan penyediaan air minum terus meningkat, sumber daya terbatas, usia aset fisik semakin tua, efisiensi SPAM semakin menurun, penolakan terhadap kenaikan tarif air minum akibat pelayanan yang buruk, dan lain sebagainya.
Ya, manajemen Aset ini merupakan
salah satu cara meningkatkan kinerja PDAM, karena cara ini merupakan pendekatan
untuk memberikan informasi dan sebagai alat analisa untuk mengelola aset yang
ada agar menjadi lebih efektif dan dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa
mendatang.
Aplikasi Pojok Konsultasi
Aplikasi Pojok Konsultasi merupakan
aplikasi yang didesain untuk berkonsultasi. Dimana aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh PDAM, Pemda, Badan Usaha,
masyarakat, Internal PUPR atau BPPSPAM yang memberikan kemudahan berinteraksi dan
berkonsultasi kepada BPPSPAM.
Aplikasi Pojok Konsultasi ini bisa diakses oleh siapa saja termasuk masyarakat |
Selain itu, aplikasi ini juga
berungsi sebagai ruang untuk belajar, karena sudah dilengkapi dengan
bahan-bahan pembelajaran dan pengetahuan mengenai BPPSPAM, serta memberikan kemudahan
pengambilan dan pertukaran data informasi di Internal BPPSPAM dan lingkungan
PUPR.
Untuk mengggunakan aplikasi pojok
konsultasi ini sendiri sangatlah praktis, karena bisa diakses dimana saja dan
kapan saja dengan cepat dan mudah. Maka dari itu, kehadiran aplikasi ini
diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisensi kerja PDAM, terutama
dari segi waktu dan biaya serta dapat memberikan persepsi pada publik terhadap
akuntabitas dan transparansi kerja pemerintah di sektor air minum ini.
Aplikasi Games Interaktif
Aplikasi Games Interakti adalah
game informasi dan edukasi tentang air minum berbasis online yang dapat
dimainkan melalui internet dan smartphone. Bahkan saya pribadi kemarin sempat
mencobanya saat datang ke pameran acara ini, yaitu ada games CIKA, MAKE AIR dan
TIRTA.
Untuk games CIKA untuk sementara
ini hanya bisa dimainkan melalui dektop dengan mengunjungi website resminya
BPPSPAM, sedangkan untuk games Make Air dan Tirta sudah bisa didownload di
Google Play ataupun Play Store.
Ini saya lagi mencoba memainkan games Make Air yang seru namun juga penuh pelajaran |
Dan saya pribadi sih, akhirnya
mencoba menginstall games MAKE AIR di handphone saya, kebetulan games ini
sizenya tidak besar, sehingga proses download dan installnya pun sangat cepat.
Dan persyaratan untuk registrasi juga cukup mudah, dan cara memainkan games ini
juga sangat seru.
Jadi dalam memainkan game Make
Air ini, kita harus mengontrol tokoh ALIRUN melalui saluran pipa-pipa dan bisa
mengambil titik-titik air yang ada di saluran pipa-pipa tersebut, dan ada empat
gambar aktivitas yang harus dicapai oleh ALIRUN, yaitu menuju gambar gelas,
selang air, toilet dan westavel.
Nah, jika kita berhasil membawa
ALIRUN sampai ke gambar aktivitas yang kita tuju, maka kita harus menjawab masing-masing dua pertanyaan pada gambar tersebut, dan jika kita berhasil menjawab
setiap pertanyaan dengan benar, maka tentu saja kita akan mendapatkan bonus nilai.
Games ini bukan hanya seru tapi kita sekalian bisa belajar loh |
Akan tetapi, pada saat yang
bersamaan, kita harus membawa si ALIRUN menghindari kejaran dari 4 kawanan si
Boros yang bergerak ke sana ke mari di dalam saluran pipa tersebut, dan jangan
sampai kita tertangkap oleh si Boros, karena 3 kali ketangkap maka kitta akan
games over alias gamesnya berakhir.
Jadi dengan bermain games ini,
menurut saya kita bukan hanya mendapatkan rasa senang karena seru memainkannya,
tetapi juga kita sekalian belajar dan mendapatkan informasi yang benar tentang
bagaimana seharunya kita belajar menghemat dan bijak dalam menggunakan air
dalam keseharian kita.
Games ini bisa dimainkan oleh
siapa saja, termasuk anak-anak, karena cara memainkannya mudah namun tetap
memberikan edukasi yang bagus. Jadi menurut saya games ini merupakan media yang
sangat bagus bangat untuk mengedukasi semua orang mulai dari anak-anak hingga
orang dewasa untuk cerdas dalam menggunakan air secara bijak setiap hari.
Makanya karena manfaat games ini
yang begitu bagus, maka PDAM pun menggunakan games ini untuk melakukan publikasi
dan edukasi tentang proses kerjanya kepada masyarakat umum, karena dengan cara
ini dinilai lebih menarik dan menyenangkan karena mudah dimengerti oleh
masyarakat.
Ini saya lagi menikmati air siap minum di halaman gedung PUPR, rasanya segar bangat |
Jadi, bisa dibilang, kini dengan
adanya perkembangan teknologi informasi yang saat ini sudah mencapai era
industri 4.0, maka BPPSPAM berharap penyelenggara air minum dapat memanfaatkan
teknologi informasi ini untuk meningkatkan pelayananya bagi masyarakat luas.
Dimana kehadiran berbagai
aplikasi ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh BPPSPAM untuk
terus menyebarluaskan informasi tekait pemanfaatan teknologi informasi yang
telah dikembangkan untuk PDAM pada khususnya dan stakeholder air minum serta
masyarakat luas pada umumnya agar mendukung BPPSPAM dalam mewujudkan
peningkatan kinerja layanan air minum kepada masyarakat.
No comments:
Post a Comment