Ada yang suka melakukan traveling atau jalan-jalan? Ya, jalan-jalan merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan, sebab kita bisa mengunjungi tempat baru, bertemu orang baru, mencoba kuliner baru, dan sederet pengalaman juga pembelajaran hidup yang tak kalah seru lainnya.
Dan pergi jalan-jalan ini memang paling asyik bila dilakukan rame-rame bersama teman-teman atau keluarga. Untuk itu, beberapa waktu yang saya dan beberapa teman merencanakan untuk melakukan tour wisata ke daerah Jogja dan Solo.
Semula semua rencana berjalan lancar, namun seiring waktu, berbagai masalah mulai mencuat dan semakin pelik. Salah satu masalahnya terkait dengan tagihan iuran wisata yang tersendat-sendat, bahkan berujung pada berantam
satu sama lain, karena ada segelintir orang yang belakangan mulai abai akan
kewajibannya untuk mengumpulkan iuran tour tersebut.
Bahkan kami sampai membuat group
whatsapp khusus agar semua komunikasi dan cara menagih iuran tour antara semua anggota bisa mudah dilakukan. Di bulan
pertama semua masih berjalan lancar, namun setelah itu, beberapa orang yang mulai lupa membayar cicilan iuran, dan lama kelamaan semakin banyak yang menunggak
bayar padahal waktu semakin mepet untuk tanggal keberangkatan.
Jujur saya dan beberapa orang
teman yang mengkoordinir tour ini merasa capek karena harus mereminder terus menerus
semua anggota yang berjumlah 30 orang itu untuk selalu membayar iuran tepat
waktu. Belum lagi, kami juga capek karena harus terus menerus mengecek siapa saja yang sudah
mentransfer uang atau belum.
Dan ujung-ujungnya saling baper
antara kami yang menagih dan yang ditagih iuran tour wisata tersebut. Kami yang
reminder juga kandang sungkan untuk menagih berkali-kali, dan yang ditagih juga
kesal karena keseringan ditagih berkali-kali.
Alhasil acara tournya bubar jalan alias tidak jadi, karena situasi sudah terlanjur kacau, niat jalan-jalan untuk bersenang-senang malah berakhir saling menghakimi dan berantam karena cara menagih iuran semacam ini sepertinya tidak nyaman bagi sebagian besar orang.
Alhasil acara tournya bubar jalan alias tidak jadi, karena situasi sudah terlanjur kacau, niat jalan-jalan untuk bersenang-senang malah berakhir saling menghakimi dan berantam karena cara menagih iuran semacam ini sepertinya tidak nyaman bagi sebagian besar orang.
Untuk itu, kemarin saya sangat
senang saat tahu kini sudah hadir sebuah platform yang memungkinkan kita semakin
mudah dan nyaman untuk menagih iuran dengan menggunakan platform yang bernama Narobil.
Apa itu Narobil?
Narobil merupakan sebuah platform
berbasis web yang dihadirkan oleh PT Jatelindo Perkasa Abadi untuk memudahkan masyarakat dalam membuat tagihan,
memonitoring penerimaan pembayaran, dan menarik tagihan, sekaligus memperluas
kanal penerimaan pembayaran untuk memudahkan masyarakat dalam menagih dan
dibayarnya tagihan tersebut.
Jadi dengan adanya Narobil ini,
maka kita akan sangat dipermudah untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan
tagihan tanpa harus membuang banyak waktu untuk menagih, mengecek pembayaran
masuk ataupun mengkonfirmasi kembali pembayaran tersebut. Jadi semua semakin
praktis dan mudah karena semua sudah berbasis online.
Bahkan dalam acara peluncuran
Narobil yang berlangsung di FX Mall beberapa waktu yang lalu (14 Februari
2019), Bapak Armanto Idham Hadju selaku Direktur Utama PT Jatelindo Perkasa
Abadi mengungkapkan bahwa “Hadirnya Narobil, diharapkan dapat menjadi bagian
dari solusi penarikan dan pembayaran tagihan yang cepat, mudah, tidak bikin
repot, apalagi sampai membuat kegiatan dan hubungan komunikasi di masyarakat
menjadi terhambat.”
Bapak Armanto Idham menjelaskan tujuan dari hadirnya Narobil yaitu sebagai salah satu solusi cara menagih yang cepat dan praktis |
Akan tetapi, mungkin bagi
perusahaan besar, lembaga atau sektor formal lainnya yang kerap melakukan
kegiatan bisnis dan perputaran uang, mekanisme penagihan ini tentu tidak begitu
bermasalah, karena sudah diatur dalam sistem manajemen yang terkomputerisasi
dengan beragam pilihan kanal pembayaran yang ada.
BACA JUGA: ZenBook Terbaru Paling Ringkas Di Dunia
Namun kehadiran Narobil ini ingin
menyasar sektor informal lainnya yang belum memiliki sitem yang jelas terkait
mekanisme penagihan. Sebab tak sedikit sektor informal yang juga memiliki begitu
banyak aktivitas yang memerlukan sistem yang jelas, mudah dan cepat terkait
penagihan ini.
Nah, sektor informal yang kerap
bersinggungan dengan penagihan iuran ini biasa kita temui dalam keseharian
kita, seperti: organisasi ke-RT-an, komunitas
pengajian, arisan warga, pemilik kos-kosan/apartment, lembaga pendidikan, alumni sekolah,
event organizer atau organisasi sosial/komunitas lainnya yang juga tak kalah
aktif intensitasnya dalam berbagai kegiatan pengumpulan dana tetapi terkendala
oleh banyak hal.
Dan biasanya untuk sektor informal
seperti ini masih mengguunakan cara yang sederhana dalam menagih iuran, seperti
melalui group whatsapp, SMS ataupun dengan cara menitipkan ke satu sama lain,
yang mana dampaknya menjadi kurang efektif dan lebih banyak membuang waktu.
Padahal sektor informal ini
memiliki aktivitas yang lumayan besar, bahkan menurut data dari BPS (Badan
Pusat Statistik) dan Kemendikbud tahun 2017 ternyata jumlah sektor informal
yang melakukan aktivitas penagihan ini mencapai kkurang lebih 216 juta jiwa
(86%) dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta.
Narobil hadir karena masih banyak sektor formal dan Informal yang masih membutuhkan layanan jasa pembayaran atas tagihan atau iuran |
Jika diperjelas lebih dalam lagi,
rupanya lingkup terbesar adalah RT/RW yang mencapai kurang lebih 160 juta di seluruh
Indonesia. Kemudian disusul lingkup lembaga pendidikan SD (±25
juta), SMP (±25
juta), SMA dan perguruan tinggi rata-rata 4 juta orang. Sisanya ada sektor MLM,
komunitas olahraga, hobi musik dan sebagainya.
Nah, dari 216 juta jiwa tersebut,
jika diambil 10% saja berdasarkan ketagori berpenghasilan menengah, maka
jumlahnya bberkisar 21,6 juta orang yang saat ini belum tersentuh dengan
layanan penagihan (biller) yang paraktis.
Melihat fakta ini, maka itulah
yang akhirnya melatarbelakangi Jatelindo Perkasa Abadi sebagai salah satu
perusahaan biller agregator terkemuka di Indonesia untuk menghadirkan Narobil
agar masyarakat khususnya sektor informal bisa dengan mudah menagih iuran.
Cara Menagih Iuran Semakin Mudah Menggunakan Narobil
Saat ini Narobil masih berbasis
website dengan alamat www.narobil.id
yang bisa kita kunjungi dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Dan yang menarik
dari Narobil ini adalah tersedia dalam dua laanan yaitu ada Self Services dan
Custom Service.
Narobil menghadirkan dua layanan yaitu Self Service dan Cutom Service |
Layanan Self Service sesuai
namanya maka kita harus melakukan semuanya sendiri, namun tidak perlu khawatir
karena fitur-fiturnya yang ada dalam layanan ini dirancang simple, mudah
dipahami dan juga mudah diterapkan oleh masyarakat.
Sedangkan untuk Custom Service
ini akan diperlukan bila kita membutuhkan layanan penagihan yang lebih spesifik
dan customized, dan nantinya akan ada tim dari Narobil yang siap sepenuhnya
untuk membantu kebutuhan kita, namun untuk layanan ini akan ada biaya khusus
yang akan dikenakan kepada kita.
Namun, saya pikir untuk mengurus
penagihan iuran untuk perjalanan tour ke Malang dan sekitarnya pada bulan April
depan, maka saya pun mencoba untuk memanfaatkan layanan Self Service untuk
memudahkan bayar tagihan biaya perjalanan tour tersebut.
Maka ada beberapa langkah yang
harus saya lakukan untuk membuat tagihan dengan layanan Narobil Self Service
ini, yaitu sebagai berikut:
1.
Buka website Narobil: www.narobil.id
2.
Pilih layanan Self Service dan kemudian pilih
Daftar
3.
Lalu kita melakukan registrasi dengan mengisi
nama, email dan nomor telephone dan tidak lupa untuk mencentang tanda setuju
akan segala syarat dan ketentuan yang ada.
4. Setelah itu kita akan menerima notivikasi
melalui email yang kita daftarkan tadi, lalu klik link verifikasi yang
dikirimkan via email tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa kita benar mendatar untuk menikmati layanan Narobil Self Service.
5. Setelah itu kita harus memberikan dokumen
kelengkapan berdasarkan kategori bisnis yang dipilih apakah Individu atau sebagai Corporate). Dimana dokumen kelengkapan yang harus dilengkapi jika kita memilih Individu antara
lain seperti: KTP, NPWP, dan cover depan buku rekening giro/tabungan
sesuai dengan account Bank Settlement yang akan didaftarkan. Sedangkan jika memilih Corporate ada permintaan tambahan untuk mengupload dokumen SIUP.
6. Kemudian kita bisa mulai untuk membuat tagihan sesuai
kebutuhan dengan pilihan nominal jumlah tagihan, menentukan term waktu, merinci
daftar penerima tagihan (list name), media pengingat tagihan (reminder), dan
memilih berbagai kanal pembayaran.
Nah, nanti para penerima tagihan
ini akan menerima nomor bayar melalui pesan singkat. Di sini kita juga bebas
menentukan media pengiriman tagihan sesuai dengan kebiasaan penerima tagihan,
yaitu bisa lewat SMS, Whatsapp, atau email untuk masing-masing pelanggan/anggota
yang kita kirimkan tagihan nantinya akan mendapatkan Nomor Bayar untuk
melakukan pembayaran.
Keunggulan Menggunakan Narobil Sebagai Tagihan Online
Jika kita telisik pemanfaatan
layanan Narobil ini, maka kita akan menemukan banyak sekali manfaat yang bisa
kita rasakan, terlebih layanan ini menyuguhkan cara mudah menagih secara online
yang membuat kita tidak perlu banyak membuang waktu untuk menagih secara manual
lagi.
Dan menggunakan Narobil selain
sangat mudah dan efisien, namun juga menawarkan beberapa keunggulan yang menarik,
yaitu sebagai berikut:
- Penagihan sudah berbasis online, jadi kita bisa memanfaatkan Narobil ini dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas jarak dan waktu selama terkoneksi dengan internet.
- Cara pengoperasiannya mudah dilakukan, sehingga setiap tahapan proses yang ada bisa diikuti dan dijalani dengan mudah.
- Penagihan akan dilakukan oleh sistem, sehingga kita tidak perlu lagi perlu capek-capek menagih secara manual berkali-kali reminder kepada pelanggan atau anggota untuk membayar tagihannya.
- Setiap pembayaran tercatat dengan baik, sehingga kita tidak lagi perlu pusing untuk mengecek ulang setiap pembayaran yang masuk, karena semua sudah tercatat lengkap terkait laporan pelanggan atau anggota yang sudah membayar dan belum membayar kewajibannya.
- Tersedia banyak layanan pembayaran, sehingga kita bisa memilih layanan pembayaran sesuai dengan yang kita mau.
Makanya bagi orang-orang yang
sering melakukan penagihan dan tagihannya banyak, sebaiknya segera memanfaatkan
layanan Narobil ini karena semuanya menjadi mudah dan cepat serta bisa
meminimalisir berbagai kesalahpahaman yang berujung perasaan tidak enak antara
kita dengan yang ditagih.
BACA JUGA: Solusi Cerdas Bisnis F&B Zaman Now
Dan manfaat Narobil ini pun sudah
langsung bisa rasakan oleh masyarkat. Salah satunya dirasakan oleh Bapak Dimas Andoko selaku Business
Director Agen (Komunitas Loper Koran) dalam menagih dan pembayarans setoran
dari para agen dan lopernya.
Bapak Dimas sudah menggunakan Narobil untuk mempermudah penagihan dan pembayaran setoran dari Agen dan Loper Koran yang dibawahinya |
Dimana saat ini Bapak Dimas sedangn
membawahi 300 anggota yang terdiri dari 80 agen dan 230 loper koran yang
tersebar di beberapa wilayah seperti Banten, Indramayu, Majalengka, Kuningan
dan Cirebon. Dan membawahi sebegitu banyak orang tentu bukan pekerjaan mudah
ya.
Namun sejak menggunakan Narobil, Beliau
merasakan banyak sekali manfaat yang sudah dirasakannya. Dimana agen jadi lebih
mudah menagih dan lebih cepat memantau riwayat transaksi yang masuk. Dan di
sisi loper koran, yang semulanya biasanya nitip transfer di bank ke orang yang
punya rekening, atau setor tunai ke bank atau ATM, maka dengan hadirnya Narobil
ini bisa lebih mudah setor melalui kanal pembayaran lainnya yang mudah
ditemukan di masyarakat.
Jadi rata-rata anggota Komunitas Agen yang
berusia sekitar 35 hingga 60 tahun ini sudah bekerja sama lebih kurang lebih
dari 15 tahun. Sehari-hari mereka melakukan transaksi penyetoran pembelian
koran berkisar Rp. 50.000 sampai Rp. 150.000.
Maka dengan kehadiran Narobil ini
maka Bapak Dimas berharap anggotanya bisa lebih produktif dalam mengembangkan
bisnis agen menjadi lebih maju lagi. Dan era digital ini bisa mendorong sektor
ekonomi ritel bergerak cepat dan dinamis beradaptasi dengan perkembangan zaman.
Semoga semakin banyak pihak lain
yang memiliki usaha seperti Pak Dimas ini yang juga bisa memanaatkan peluang
menarik dari Narobil ini agar masalah penagihan iuran terhadap pelanggan
ataupun anggota bisa berjalan lancar ke depannya.
Narobil Memberikan Gratis Biaya Transaksi Untuk 3 Bulan
Dan bagi teman-teman yang ingin
menggunakan layanan Self Service dari Narobil ini maka bisa memanaatkan masa
promosi ini loh. Jadi sejak dilaunching pada 14 Februari 2019 yang lalu maka
Narobil membebaskan biaya apapun selama kurang lebih 3 bulan jika transaksi dilakukan
melalui Bank Mandiri, dan biaya adminitrasi antar bank yang berbeda akan
mengikuti ketentuan yang berlaku seperti pada umumnya.
Untuk itu, ayo teman-teman yang
mempunyai perkumpulan, komunitas atau apapun bentuknya yang selalu melakukan
pemungutan iuran rutin, maka bisa memanfaatkan Narobil ini untuk menagih iuran sehingga membayar tagihan bisa dilakukan dengan semakin mudah dan praktis.
Narobil hadir dengan beragam kanal pembayaran untuk mempermudah melunasi tagihan |
Namun jika masa promo ini sudah
berakhir, nanti transaksi lewat Bank Mandiri hanya dikenakan biaya Rp. 3500
(tiga ribu lima ratus rupiah) saja, dimana biaya administrasi tersebut bisa
kita bebankan pada anggota atau pelanggan. Namun jika transaksinya antar bank
(berbeda bank) maka aka nada tambahan biaya transfer sesuai kebijakan
masing-masing bank yaitu berkisar Rp. 4.000 – 65.000 per transaksi.
Dan saat ini, Narobil sudah
terhubung dengan jaringan kanal pembayaran bank secara nasional dan kedepannya
akan bertambah lebih luas lagi karena Narobil akan terhubung ke modern channel,
e-commerce, dan payment point yang tersebar secara nasional sehingga memudahkan
kita sebagai masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan.
Seiring dengan itu, secara
bertahap Narobil ini pun akan disempurnakan layanannya sehingga nantinya bisa
diakses melalui aplikasi mobile dengan pilihan kanal pembayaran yang lebih luas
lagi, tidak hanya via bank saja tetapi juga ranah kanal yang paling mudah
dijangkau masyarakat.
Untuk itu, tak ada ruginya memulai
dari sekarang untuk menggunakan Narobil dalam keseharian kita, karena Narobil
bisa memberikan solusi praktis yang menarik sehingga urusan tagihan tidak lagi
terasa ribet, karena Narobil, Mudah Nagihnya, Mudah Dibayarnya!
No comments:
Post a Comment