Perkembangan teknologi benar-benar
semakin mempermudah hidup ini. Dimana sekarang banyak pekerjaan yang semakin
dipermudah oleh kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah dimana kita tidak
lagi perlu sibuk menjawab semua chatting orang yang menanyakan sesuatu hal yang
sama secara berulang-ulang, sebab kini kita bisa menggunakan program yang
menjawab semua pertanyaan tersebut.
Iya, menjawab pertanyaan yang sama
dari setiap orang yang berbeda itu melelahkan dan buang-buang waktu. Makanya
sangat praktis jika ada program yang menjawabnya sehingga kita bisa fokus
mengerjakan pekerjaan lainnya. Dan kini sudah hadir sebuah program yang bisa
menjadi solusi untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dengan praktis yaitu
Chatbot.
Apa itu Chatbot?
Chatbot adalah sebuah program komputer
yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau
lebih manusia baik secara audio maupun teks. Bahkan Chatbot, bisa diartikan
merupakan robot yang dirancang khusus untuk berinteraksi atau bercakap-cakap
dengan manusia.
Kehadiran chatbot ini konon katanya mulai
dikembangkan sekitar tahun 1960-an. Dimana pada awalnya, chatbot ini merupakan
program komputer yang dirancang ntuk menjawab chatting yang masuk seolah-olah seperti
manusia padahal sesungguhnya yang menjawab tersebut adalah mesin yang sudah
diprogram.
Dan kini seiring dengan berjalannya
waktu, chatbot terus mengalami kemajuan. Chatbot dikembangkan untuk bisa
mensimulasi percakapan manusia sesungguhnya, yaitu untuk menjawab keinginan
manusia untuk bisa berbicara dengan komputer menggunakan bahasa yang digunakan
oleh manusia.
Seru ya jika kita bisa memiliki
program Chatbot ini, semua sepertinya praktis, dan rasanya sangat cocok untuk
diaplikasikan pada berbagai kehidupan kita, terlebih bagi perusahaan,
organisasi, e-commerce, UKM dan lain sebagainya.
Buat Chatbot tanpa Coding
Meski saya pernah kuliah di bidang IT,
namun bagi saya membuat sebuah program dengan melakukan coding itu sebuah pekerjaan yang tidak mudah, benar-benar kita
dituntut ketelitian yang tinggi, sebab typo satu huruf atau salah satu titik
saja maka program tersebut bisa error dan tidak bisa difungsikan. Jadi untuk
membuat sebuah program itu bagi saya pribadi tidak mudah, apalagi membuat
sebuah program seperti chatbot ini, serius saya tidak kebayang jika ditantang
untuk membuatnya, dan mendingan saya angkat tangan saja. Nyerah!
Tapi jangan sedih bila teman-teman
termasuk orang seperti saya yang tidak senang menikmati kerumitan mengcoding
program, sebab untuk membuat chatbot bisa dilakukan tanpa coding loh. Hal ini
saya dapatkan saat beberapa waktu yang lalu (Senin, 21/03/2018) saya menghadiri
sebuah acara launching dan Media Gathering bertajuk “AI Conversation Platform” yang bertempat di Freeware Spaces di
jalan Bangka XII No. 4, Jakarta Selatan.
Jadi, kini PT Jualan Online Indonesia menghadirkan platform BJtech yaitu
sebuah platform percakapan (conversation
platform) berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan semua orang baik
pelaku bisnis maupun individu untuk mengembangkan chatbot sesuai dengan
kebutuhan mereka masing-masing melalui messaging
app.
Mas Diatce menjelaskan tentang mudahnya membuat Chatbot tanpa coding - Doc. Pribadi |
Kemudahan membuat chatbot inipun pun
dituturkan langsung oleh Mas Diatce G.
Harahap selaku CEO PT Jualan Online
Indonesia menuturkan bahwa “Mengusung semangat ‘Bot for Everyone’, kami ingin menunjukkan bahwa chatbot bisa
diciptakan semua orang Indonesia dari berbagai kalangan, mulai dari pelaku UKM,
artis hingga karyawan. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan platform BJtech,
seseorang tidak perlu memiliki keahlian pemograman tertentu. Chatbot pun dapat
dibuat dengan waktu yang relatif cepat. Kami ingin menghilangkan batasan yang
ada bahwa membuat chatbot itu sulit. Contohnya, bagi pelaku UKM dapat
menggunakan chatbot sebagai digital customer care untuk 24 jam. Sementara bagi
individu dapat menggunakan chatbot untuk kebutuhan mereka sehari-hari ataupun
hobi seperti mengembangkan entertainment chatbot.”
Keberadaan chatbot ini pun kemarin
langsung saya rasakan sendiri, saya benar-benar dibuat takjub olehnya, karena
benar-benar memberi kemudahan pada saat saya mengisi biodata saat saya
melakukan registrasi, dimana saya benar-benar seperti lagi chatting dengan
seseorang yang menanyakan identitas saya secara detail tapi sangat mudah dan
menyenangkan.
Dan saya rasa keberadaan chatbot ini
bagus bangat untuk saat ini, karena bisa diaplikasi untuk berbagai kebutuhan
ataupun kegiatan, apalagi bisa digunakan di semua smartphone sehingga benar-benar gampang digunakan dimanapun dan
kapanpun.
Keberadaan platform BJtech yang
didukung oleh machine learning technology
ini ternyata dapat menjangkau semua orang dalam satu waktu bersamaan melalui
komunikasi paling mudah yaitu chatting, sehingga para pengguna hanya perlu
mengikuti langkah-langkah teknis yang sederhana.
Explore our technology - Doc. Bjtech |
Penggunaan teknologi BJtech tidak
mengharuskan kita memiliki skill pemograman yang khusus, tetapi kita hanya
perlu memperhatikan langkah-langkah teknis yang relatif sederhana. Pertama-tama
kita harus menentukan tujuan dan fungsi dari pembuatan chatbot tersebut, hal
ini penting karena akan ada kaitannya yang begitu erat dengan langkah
selanjutnya, yaitu rancangan alur percakapan, gaya bahasa dan gramatika yang
digunakan dalam chatbot. Kemudian langkah terakhir yaitu menghubungkan chatbot
yang telah dibuat agar dapat diimplementasikan di berbagai aplikasi pesan,
seperti Line, Facebook Messenger, Telegram, dan Twitter.
Bahkan sebelum ini, ternyata BJtech
sudah membuatkan BNI sebuah produk chatbot yang bernama “Cinta: Personal Intelligent
Banking” yang bertugas membantu nasabah mengelola keperluan banking BNI, mulai
dari sharing info, registrasi produk-produk BNI, hingga transaksi UnikQu
melalui kemudahan chatting. Dimana produk chatbot ini dapat diakses melalui
Facebook Messenger dan Twitter.
Selain itu, ternyata Penggunaan
chatbot ini pun telah ada di aplikasi pesan seperti LINE@ di mana ditujukkan
bagi perusahaan atau pengusaha untuk mengirimkan info tentang perusahaan,
promosi produk dan lainnya kepada pelanggan.
Hal ini diungkapkan oleh Mba Christa Sabathaly selaku LINE Senior Business Development Manager mengungkapkan
tentang tren penggunaan LINE di Indonesia dan penggunaan chatbot dalam LINE.
“Terhitung hingga awal tahun 2018, sudah ada lebih dari 2,3 juta akun LINE
yang ada di Indonesia. Sebagian besar dari akun LINE tersebut berasal dari
pelaku UKM. Sebagian akun LINE yang ada, memanfaatkan chatbot untuk memberikan
informasi produk dan cara pemesanannya. Ini menunjukkan bahwa penggunaan
chatbot menjadi komponen yang penting dalam mengoperasikan bisnis mereka untuk
melayani pelanggan selama 24 jam.”
Selain itu, penggunaan Chatbot ini
juga sebenarnya sangat bagus untuk pelaku UKM, namun ternyata masih banyak UKM
yang belum melek akan keberadaan program chatbot ini. Padahal jika kita telisik
data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di tahun 2017, ternyata
jumlah pelaku UKM yang telah memanfaatkan platform digital dalam memasarkan
produknya hanya 3,79 juta dari 59,2 juta UKM. Ini menunjukkan bahwa pengetahuan
akan penggunaan platform digital masih sedikit diantara pelaku UKM.
Mas Afifuddin Kalla melihat kehadiran Chatbot ini bagus untuk para pelaku UKM - Doc. Pribadi |
Hal ini senada dengan apa yang
diucapkan oleh Mas Afifuddin Kalla
selaku Ketua Umum Himpunan Pengusaha
Muda Indonesia (HIPMI) mengatakan, “Meskipun pertumbuhan pelaku UKM di
Indonesia berkembang dengan pesat, akan tetapi tidak diiringi dengan
peningkatan pengetahuan mengenai platform digital untuk bisnis mereka. Dengan
adanya platform BJtech ini, memudahkan para pelaku UKM untuk dapat
mengoptimalkan operasi bisnis mereka melalui produk chatbot sehingga bisa naik
kelas.”
Dan Mas Diatce pun menuturkan bahwa jika
para pelaku UKM bisa memanfaatkan chatbot sebagai digital customer care ini maka para UKM akan dapat menghasilkan
efisiensi biaya dan waktu dikarenakan sistem layanan menjawab secara otomatis
dari chatbot ini. Bahkan selain itu, kegunaan chatbot pun ternyata bisa
melakukan pemesanan dan bahkan berbagi lokasi. Jadi seharusnya UKM bisa melihat
peluang ini untuk memaksimalkan usaha mereka.
Apa sih manfaat Chatbot?
Dari pemaparan di atas, jadi sudah
sangat jelas, bahwa keberadaan Chatbot ini bisa mengakomodir kebutuhan pengguna
yang ingin menciptakan dan mengembangkannya sesuai kebutuhan masing-masing.
Misalnya pelaku bisnis menggunakannya untuk marketing channel, customer service
support, menyebarkan info produk, pemesanan produk, asisten pribadi, hingga diintegrasikan
dengan sistem internal perusahaan.
Selain untuk keperluan bisnis,
ternyata kita pribadi yang secara perorangan atau individu pun bisa belajar
mengembangkan chatbot ini sendiri untuk berbagai kebutuhan seperti percakapan
sehari-hari maupun hiburan. Misalnya untuk pengembangan chatbot untuk
registrasi, kuis, hiburan, gaming, dan lainnya.
Jadi bisa dibilang bahwa kehadiran
Chatbot ini memberikan banyak manfaat yang bisa membantu pekerjaan kita baik
untuk bisnis maupun secara personal, diantaranya:
- Chatbot dapat melakukan pelayanan kapanpun, tanpa batasan jam, dan tanpa kenal lelah selama 24 jam.
- Chatbot dapat memberikan tanggapan atas pertanyaan konsumen hanya dengan hitungan detik.
- Chatbot jauh lebih singkat dan praktis dalam menjawab pertanyaan konsumen sehingga akan membuat konsumen merasa nyaman.
- Chatbot memberikan kemudahan dalam berinteraksi sehingga membuat kita seolah sedang chatting dengan sesama manusia.
- Chatbot dirancang untuk memberikan jawaban pasti meskipun pertanyaan diulang-ulang dan kompleks, sesuai dengan rules yang telah diberikan.
- Chatbot dapat digunakan dengan mudah dan bisa diterapkan dalam berbagai platform social media dan aplikasi chat seperti Facebook Messenger, LINE, dan Kik.
- Chatbot tidak memerlukan banyak dana, sebab kita hanya perlu menjaga chatbot agar dapat berfungsi secara maksimal dan tidak memerlukan pemeliharaan yang intensif.
Maka dengan hadirnya chatbot ini
memungkinkan pelaku bisnis atau individu sekalipun bisa mengembangkan sendiri
chatbot mereka dalam aplikasi messaging, aplikasi mobile, situs, maupun
platform lainnya.
Jadi dengan melihat begitu
bermanfaatnya kehadiran chatbot ini, maka sudah seharusnya bisa dimanfaatkan
oleh kita secara maksimal untuk membuat bisnis atau urusan personal kita menjadi
lebih praktis dan semakin mudah. Dan jika ada teman-teman yang ingin tahu lebih
dalam terkait chatbot ini maka bisa langsung mengunjungi www.bjtech.io. AI for today and tomorrow.
No comments:
Post a Comment