Setelah menekuni dunia kerja
dengan segala suka dukanya, sempat terbersit dalam benak saya untuk membuat
usaha sendiri, lantaran melihat seorang teman yang kini begitu sukses menjalankan
dunia usaha kulinernya, namun usaha apa yang ingin saya buka masih
diawang-awang, belum jelas mau buka usaha apa.
Selain belum matang tentang usaha
apa yang hendak saya buka, ketakutan yang utama adalah tentang modal usaha dan
cara menjalankan usaha kedepannya itu masih sangat meraba-raba, seperti masih
ada kabut gelap yang menghalau jalan saya menuju ke arah sana.
Untuk itu, saya merasa masih
sangat banyak hal yang perlu saya pelajari jika benar-benar ingin terjun ke dunia
usaha sendiri. karena jika salah jalan maka kerugianlah yang nanti saya
tanggung. Untuk itu saya ingin belajar terlebih dahulu sama orang-orang yang
sudah sukses dengan segala usaha yang mereka rintis selama ini.
Dan berhubung dengan hal
tersebut, saya sangat antusias ketika saya mengetahui bahwa Smesco mengadakan
acara talkshow bisnis bertajuk “One
Shoot for UKM go World SME” yang berlangsung tanggal 18 Juni 2016 lalu di Galeri
Indonesia Wow, Smesco Indonesia di jalan Gatot Subroto.
One Shoot for UKM go World SME |
Dimana acara Smesco Digipreneur Day
merupakan sebuah event beraktivitas bagi para profesi digital preneur di bidang
promosi dan marketing dengan obyek “All About Smesco”. Tujuannya adalah untuk mempromosikan
produk-produk UKM Smesco, pengusaha binaan UKM, program dan kegiatan
Smesco yang dieksiskan di media digital
netizen seperti blog, facebook, Instagram, twitter, Youtube dan lain sebagainya.
Smesco sudah dua kali menggelar
acara serupa ini yang berkolaborasi dengan MB Communication-Indoblognet sebagai
inisiator dan Deboer Kreasi Asia. Dimana
event pertama pernah digelar pada bulan April lalu mengambil topik tentang fotografi
produk bertema The Power of Content
dengan obyek produk pilihan dari paviliun daerah. Sedangkan pada event kedua di
bulan Juni ini, mengusung tema Smesco Digipreneur Day dengan session
video coaching yang disinergikan dengan talkshow bisnis dari sejumlah UKM
binaan Smesco.
Dan di acara Smesco Digipreuner Day
kali ini saya bisa melihat dan belajar langsung dari para pengusaha-pengusaha
hebat yang berbagi pengalaman tentang bagaimana mereka membangun usaha dan kiat
sukses mereka dalam merintis dan menjalankan usahanya hingga kini.
Dalam acara ini, tampak hadir
berbagai UKM Binaan Smesco yaitu Bpk Tajudin Maulana (pemilik Celana Sarung
inovatif Tajmaul), Bpk Ahmad Rafik - pengusaha hijab Alls Scarf, praktisi
digital marketing dari Bdigital yaitu Bpk Andi Silalahi dan Co-founder Bapak Jose
Ricardo Santos, Mas Rubie Limpoyie Cofounder startup ecommerce Apana.id, Mas Nathan
Roestandi dari Zulu.co.id serta Mas Opid Adisuryo, Chief Marketing Officer
Pawoon kasir apiikasi untuk UKM.
Dari Bapak Tajudin Maulana, saya
banyak mendapatkan pelajaran penting dari kisah perjalanan usaha Beliau,
tentang bagaimana setiap proses harus dinikmati, karena selalu ada suka duka yang
mewarnai setiap usaha, Begitu juga yang dialami Bpk Tajudin selama merintis
usaha Taj’maul Celana Sarung “Depan Sarung, Belakang Celana”, meski awalnya
usaha ini dipandang “aneh” oleh sebagian orang, namun dengan keyakinan dan
totalitasnya pada usaha ini, Kini Celana Sarung Taj’maul sudah memiliki pasar
tersendiri dan produksinya terus meningkat tiap harinya.
Bpk. Tajudin & Mba Ika |
Selain itu, dari Bapak Ahmad
Rafik saya juga mendapatkan banyak pelajaran, dari Beliau saya mendapatkan
banyak hal menarik juga seputar kiatnya membangun usaha Hijab All’s Scraft yang
didirikannya sejak tahun 2012 lalu. Beliau menuturkan bahwa mengedepan kualitas
adalah salah satu cara untuk mendapat hati masyarakat, selain itu produk
buatanya sebagaian didesain yang handmade dengan kreasi payet dan border namun
tetap terlihat simple saat digunakan, itulah beberapa kita yang membuat hijab karyanya
laris manis dipasaran.
Bpk. Rafik & Mba Lia |
Tidak hanya itu, hadir juga Bapak
Adi Opid Adisuryo dari Pawoon yang menejelaskan tentang aplikasi kasir online
berbasis Cloud Server, dimana aplikasi ini hadir sesuai dengan perkembangan bisnis
masa kini, yaitu dengan targetnya para pelaku bisnis, mulai dari sektor UKM,
hingga skala menengah seperti ritel, waralaba, food & beverage, Fashion
dll.
Bpk. Adi & Mas Ryan |
Dan yang tak kalah asyik juga adalah
pemaparan tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan untuk merambah dunia ekspor
di era digital saat ini dari para praktisi digital marketing Bdigital yaitu Bapak
Andi Silalahi dan Co-founder Bapak Jose Ricardo Santos, Mas Rubie Limpoyie
Cofounder startup ecommerce Apana.id, Mas Nathan Roestandi dari Zulu.co.id.
Hal ini memberikan wawasan kepada
para pengusaha, bahwa sangat penting untuk melek teknologi saat ini jika ingin usahanya
bisa terus berkembang, karena membangun usaha di era saat ini, selain offline,
kita juga harus bisa merambah dunia online yaitu dengan memaksimalkan web dan media
sosial yang ada untuk melakukan penjualan supaya bisa menjangkau banyak orang
yang tersebar dimana-mana.
Pemanfaatan kecanggihan teknologi
informasi, memberikan ruang yang begitu luas bagi UKM untuk berkembang lebih mudah
menuju pasar global. Namun disisi lain, harus kita akui bahwa kondisi UKM kita
belum sepenuhnya “melek dan sadar teknologi” untuk tujuan promosi dan pemasaran.
Melihat kondisi seperti ini, SMESCO
sebagai lembaga layanan pemasaran KUKM berupaya meningkatkan perannya dalam
menjembatani UKM yang memiliki produk berkualitas menuju market yang
kompetitif. Salah satu bentuk upayanya adalah dengan menggandeng komunitas
terkait yaitu digital preneur, pegiat media sosial dan netizen untuk berkolaborasi
dalam penyelenggaraan event bertajuk Smesco Digipreneur Day ini.
Mengutip kata-kata Direktur Utama
Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-UKM) Bapak
Ahmad Zabadi. Bahwa menurut Beliau “Disiniah
peran Smesco menjadi jembatan bagi akselerasi UKM yang memiliki produk
berkualitas di Smesco untuk tampil lebih maksimal.”
Selain acara Takshow, diacara bertema
One Shoot for UKM Go World ini, Smesco juga menghadirkan profesional videografer
Mas Bening Kharisma Buwana dan Mas Yosa Tobing untuk melatih teknis pembuatan
video dan content promosi kepada 40 netizen, Youtuber dan pegiat media sosial.
Memberikan materi seputar media
audio visual dalam session ini dianggap penting karena perannya yang semakin
diperhitungkan dan memberikan pengaruh
kuat dalam dunia promosi. Video marketing dinilai banyak kalangan
pebisnis sebagai langkah paling pas untuk menarik perhatian masyarakat.
Bapak Ahmad Zabadi sangat
mengapresiasi antusiasme dan keterlibatan berbagai kalangan digital preneur dan
netizen dalam kegiatan Smesco Digipreneur Day ini, mengutip kata-kata Beliau
bahwa “Dari kolaborasi ini diharapkan
dapat membangkitkan rasa memiliki dan tanggung jawab sekaligus menjadi
inspirasi di kalangan digital preneur untuk memajukan produk UKM, khususnya di
Smesco melalui karya video yang menarik dan informative.”
Oh iya, selama acara berlangsung,
baik pengunjung yang terdiri dari UKM, netizen, blogger, dan mahasiswa ini dilibatkan
dalam berbagai kegiatan kompetisi diantaranya live tweet competition, live IG competition, live report video dan blog competition. Dan
Alhamdulillah saya menang live tweet dan mendapatkan hadiah 1 buah Celana
Sarung “Depan Sarung, Belakang Celana” dari Taj’maul dan juga dapat tali sepatu
Lazylace dari Apana.id.
Alhamdulillah Menang Live Tweet |
Sungguh acara semacam ini,
sebaiknya dijadikan acara rutin untuk terus menghidupkan UKM-UKM yang ada karena
produk dari UKM-UKM Indonesia memiliki daya tarik yang luar biasa bagus, hal
ini sayang jika tidak diasah dan dibantu untuk diexplore dan disebarluaskan
supaya dunia tahu, bahwa produk UKM-UKM Indonesia layak di import oleh negara-negara
luar, terutama dalam menyikapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
“Maju terus UKM Indonesia,
lahirkan karya-karya cantikmu,
dan sihir dunia untuk memilikimu.”
Keren tulisan Awan ini. Btw Celana Sarung itu lagi nge-trend lho, gak cuma buat laki-laki, perempuan juga bisa pake celana sarung, karena sopan banget. Awan, jadi inget waktu diajarin Cymera, hehe...tapi setelah sendirian, lupa lagi. #huuhbunda.
ReplyDeleteTerima kasih Bunda Yati :)
DeleteIya Bunda celana sarung itu kayanya lagi ngetrend ya, modelnya unik namun kekinian heheheh
nanti kalo ketemu sama Bunda, saya ajarin lagi Cymeranya Bunda tenang aja heheheh
Kalau masalah celana sarung ditempat saya kok belum ada ya mas, sepertinya harus keluar kota dulu nih tapi harus mengeluarkan biaya dobel.
ReplyDeleteBisa pesan online Kang Iman celana sarungnya, coba saja follow instagram @celanasarung_tajmaul disana banyak info terkait celana sarung ini :)
Delete