Jumat, 11 September 2015 yang
lalu saya mendapat undangan untuk hadir diacara Visit Asuransi Astra yang
diselenggarakan di kantornya yang terletak di Jl. TB. Simatupang Kav. 15 Lebak
Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.
Dimana acara Visit Asuransi Astra
ini pada intinya ingin merayakan hari pelanggan nasional sekaligus merayakan
ulang tahun Asuransi Astra yang jatuh pada tanggal 12 September 2015 sekaligus bertepatan dengan usianya yang mencapai 59 tahun.
Dan sesuai tema undangannya yaitu
visit Asuransi Astra maka kita diajak untuk mengintip tentang apa saja yang ada
dan apa yang dikerjakan oleh para pegawai di kantor Asuransi Astra secara
lebih dekat lagi.
Setiap tour dibagi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok berkisar sekitar 10-12 orang saja, dan saya ikut dalam tour kelompok
kedua, dimana saya bergabung dengan beberapa wartawan dari berbagai media yang
dipandu oleh Mba Lidya sebagai tuan rumah. Kami pertama memasuki ruang Garda
Center, lalu Garda Akses dan berakhir di area Garda Siaga.
Garda Center
Memasuki ruang
Garda Center, kami langsung disambut dengan hangat oleh Mba Raisa, dan Mba
Raisha menjelaskan tentang fungsi Garda Center dan seputar hal-hal yang bisa
dilayani di Garda Center.
Garda Center sendiri
merupakan sebuah gebrakan yang dilakukan oleh Asuransi Astra dalam memberikan
layanan kemudahan klaim bagi pelanggan produk Garda Oto dari Asuransi Astra yang
ditempatkan dilokasi-lokasi yang strategis seperti mall atau pusat
perbelanjaan.
Dan kini Garda
Center sudah terdapat di 18 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, dan yang
Garda Center yang baru dibuka adalah yang terletak di Jogja City Mall yang mulai
beroperasi sekitar akhir bulan agustus lalu.
Garda Center |
Dan tujuan hadirnya
Garda Center di mall-mall adalah memberikan kesempatan bagi para pelanggan
Garda Oto untuk tetap bisa menikmati acara ngemall sambil tetap bisa merawat
kendaraannya. Dan Garda Center yang terletak di mall tetap beroperasi pada hari
sabtu dan minggu serta hari libur nasional pun tetap beroperasi untuk melayani
para pelanggan setianya.
Garda Akses
Berlanjutnya kami lanjut ke Garda Akses dan disambut oleh Mba Iis yang dengan sangat semangat menjelaskan
tentang apa saja kegiatan dan tugas-tugas orang-orang yang ada di Garda Akses
ini.
Garda Akses
merupakan layanan telepon 24 jam yang akan memberikan kemudahan dalam menghubungi
Asuransi Astra karena ada karyawan yang tetap standby selama 24 jam, Garda Akses memberikan memudahkan akses bagi kita untuk
mendapatkan informasi dan solusi atas permasalahan konsumennya, sehingga label "peace of mind" benar-benar bisa memberikan rasa aman dan tentram saat berkendara.
Blok Biru (Tim Inbound), Blok Orange (Tim Outbound), Blok Hijau (QA) |
Jadi kehadiran
Garda Akses ini menjadi solusi untuk membantu menangani masalah untuk semua pelanggannya,
misalnya sedang mengalami masalah tak terduga saat sedang berkendara, seperti
ban kempes, mobil mogok, tabrakan, atau kehabisan bensin ditengah jalan
terutama jika kita berada di lokasi yang tidak kita kenal atau kita tidak tahu
siapa yang harus dihubungi untuk meminta bantuan maka Garda Akses bisa menjadi
pilihan tepat untuk dihubungi.
Melalui
layanan Garda Akses ini, diharapkan pelanggan akan
merasakan kemudahan dalam mendapatkan informasi dan layanan yang terbaik dari Asuransi
Astra ini.
Dimana di
Garda Akses bisa dihubungi dinomor 1500112
ini terdiri dari Tim Inbound dan Tim Outbound yang akan menangani berbagai
panggilan yang masuk di Garda Akses.
Tim Inbound yang terdiri dari 41 orang,
dimana tugas utama mereka menerima semua panggilan yang masuk dan memberikan
solusi untuk untuk informasi atau masalah yang ringan, namun jika masalahnya
dirasa berat bisa di lempar pada bagian Tim
Outbound (15 orang) yang akan meninjak lanjuti masalah tersebut atau
melemparkannya pada bagian atau pihak terkait dari masalah tersebut tidak bisa
diselesaikan sama mereka.
Dan khusus
untuk Tim Inbound kerjanya selalu diawasi dan evaluasi secara berlaka oleh tim
QA (Quality Assurance) yang mengontrol kinerja TIM Inbound sehingga tak heran
jika Garda Akses berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Contact Center
Service Excellence Award 2014 untuk ke-8 kalinya dan menjadi juara dalam
kategori Asuransi Mobil yang diadakan oleh Majalah Service Excellence bekerja
sama dengan Carre – Center for Customer Satisfaction and Loyalty (CCSL).
Ruang Evaluasi Kinerja Tim Inbound |
Dan jika dari
hasil temuan dan verifikasi oleh Tim QA ada yang ditemukan kesalahan diluar
prosedur yang dilakukan oleh anak-anak TIM Inbound maka akan dipanggil diruang
khusus dan akan dijelaskan dimana kesalahan yang dilakukan, supaya kedepan bisa
memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi.
Loker Pegawai |
Untuk tim Inbound dan Outbound tidak dperkenan untuk pegang HP sama sekali selama bekerja, dan HP harus disimpan di Loker yang sudah disediakan diruang khusus, dan dimeja karyawan dipasang cermin sehingga karwayan disaat melayani costumer harus selalu dalam wajah tersenyum, karena menerima telphone sambil tersenyum dan tidak tersenyum itu ternyata bisa menghasilkan suara yang jauh berbeda, dan suara saat tersenyum jauh terasa menyenangkan untuk didengar.
Garda Siaga
Dan terahir
kami mengunjungi area Garda Siaga yang disambut dengan sangat ramah oleh Bapak
Wiwit. Dimana kehadiran Garda Siaga merupakan cara cepat dari Asuransi Astra untuk
memberikan solusi terhadap situasi atau masalah yang meresahkan para pengendara
di jalan.
Motor Siaga akan diturunkan secepatnya untuk melayani konsumen |
Ambulance untuk membantu jika terjadi kecelakaan |
Dimana Garda
siaga sejatiya untuk memberikan rasa aman dan tentram karena layanan ini selalu
siaga setiap saat dalam memberikan bantuan yang dibutuhkan para pelanggan Garda
Oto, baik untuk kerusakan kecil yang bisa diperbaiki di tempat, maupun
kerusakan berat akibat kecelakaan yang memerlukan bantuan mobil derek.
Garda Siaga
siap membantu pelanggan yang mengalami gangguan di jalan seperti ban kempes,
aki soak, atau kunci yang tertinggal di dalam mobil sekalipun. Selain layanan
darurat seperti yang telah disebutkan di atas, Garda Siaga juga menyediakan Layanan Derek untuk mengatasi gangguan
pada kendaraan kita dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi bila kendaraan kita
mengalami kerusakan yang tidak memungkinkan dilakukan perbaikan dalam waktu
singkat dan bila kendaraan kita mengalami kecelakaan, baik rusak sebagian atau
keseluruhan sehingga tidak dapat meneruskan perjalanan makalayanan Derek siap
akan membantu.
Jadi jika mengalami
masalah apapun itu, bisa langsung kontak Garda Akses 24 Jam, atau kantorcabang
terdekat untuk mendapatkan bantuan supaya perjalanan menjadi nyaman dan
kendaraan tetap aman.
Mobil Derek siap membantu mobil bermasalah |
Mobil derek yang ini kerep digunakan untuk evakuasi saat banjir |
Setelah acara visit usai, maka
kami semua berkumpul disebuah ruangan POM Hall Graha Asuransi Astra untuk
mendengarkan sambutan dari Bpk. Ery Widiatmoko yang mengucapkan terima kasih
kepada seluruh pelanggannya dihari pelanggan nasional yang jatuh pada bulan ini
dan Beliau juga berharap dengan semua layanan yang ada pada Asuransi Astra
semua pelanggan selalu mendapatkan pelayanan terbaik dan selalu nyaman selama
menjadi mitra Asuransi Astra.
Bpk. Ery Widiatmoko |
Selain itu ada juga Pak Iwan yang
menjelaskan secara singkat tentang sejarah Asuransi Astra dari tahun ke tahun
dengan segala perkembangan dan inovasi yang dilakukan oleh Asuransi Astra dalam
memberikan pelayanan terbaiknya bagi para pelanggan atau costumer setianya.
Bpk. Iwan |
Kami juga bisa mendengakarkan
langsung bagaimana kisah suka dukanya para pegawai Asuransi Astra dalam
menjalankan tugas yang mereka emban selama bekerja disini. Ada Mba Lidya yang
mewakili dari Garda Center, ada Mas Najib dari Garda Akses dan ada Mas Trisno
dari Garda Siaga yang menceritakan pengalamannya selama bekerja sesuai dengan
unitnya masing-masing.
Kiri (Mba Lidya), Mas Najib, Mas Trisno (Kanan) |
Tak ketinggalan, kami juga bisa
berkenalan dengan para admin sosial media dari Garda Oto yang sekaligus menceritakan
tentang kinerja meraka dalam memanfaatkan media sosial untuk membuat Garda Oto semakin
terdepan dimasyarakat.
Para Admin Sosial Media Garda Oto |
Tak lupa ada Band “Pop Singer”
yang menyumbangkan suara emasnya untuk menghibur para undangan, dimana Band ini
terbentuk dari para pegawai Asuransi Astra dari berbagai divisi, namun
penampilan mereka sangat keren dan sangat menghibur.
Pop Singer Beraksi |
Dan terakhir, saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Asuransi Astra yang ke 59 tahun, semoga Asuransi Astra
terus maju, makin sukses dan selalu menjadi nomor satu. Aamiin...
Waah asyik nih Bro bisa intip-intip hehehe
ReplyDeleteintip Dapur Asuransi Astra bikin tambah ilmu dan pengalaman ya, mantaps :D
Iya Bro... apa kabar nih? kemana aja Mas Rano?
DeleteIya Mas Bro, ilmu dan pengalaman yang luar biasa nih :)